PAPMISO Berharap Presiden Batalkan Pencabutan Subsidi Elpiji 3 KG

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Keinginan pemerintah mencabut subsidi tabung gas elpiji 3 KG mendapat tanggapan serius tidak hanya kalangan pelaku Usaha Kecil Menengah tetapi juga dari Paguyuban Pedagang Mie dan Bakso (Papmiso) Indonesia.

Diketahui saat ini ada sekira 25 juta pelaku usaha kecil menengah yang menggunakan gas 3 kilogram, termasuk di dalamnya para pedagang mie ayam dan bakso yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

“Pencabutan subsidi akan berpengaruh pada pedagang bakso dan mie ayam. Tentu akan lesu dan perekonomian rakyat akan memburuk,” ungkap Maryanto, Ketua PAPMISO Indonesia Bekasi Kota, Senin (20/1/2020).

Dikatakan jika pemerintah tetap mencabut subsidi gas 3 Kg, maka pemerintah tidak berpihak kepada rakyat kecil dan para pelaku usaha kecil.

Pencabutan subsidi tersebut jelasnya akan menaikkan harga gas menjadi Rp35.000 per tabung, tentu menambah biaya cost produksi yang  berdampak terhadap kenaikan harga jual.

Menurutnya dengan harga jual seperti biasa, pedagang bakso sudah banyak mengalami penurunan pembeli. Apalagi bila harga kembali dinaikkan. Maka tidak menutup kemungkinan banyak pedagang kecil termasuk bakso dan mie gulung tikar.

Diakuinya dengan harga jual relatif murah seperti sekarang saja , banyak pedagang mengeluh susah dan jarang yang beli. Apalagi nanti kalau harga dinaikkan, pasti makin banyak yang tidak beli dan perputaran usaha tidak berjalan.

“Kami khawatir banyak yang mengalami kebangkrutan dan pengangguran akan makin bertambah,” jelasnya.

Maryanto mengungkapkan, pencabutan subsidi ini dinilai kontra produktif dengan UU Nomor 20 Tahun 2008 tentang UMKM, dimana pada pasal 20 menyatakan, pemerintah dan pemerintah daerah memfasilitasi pengembangan usaha dengan cara menyediakan intensif bagi usaha mikro, kecil dan menengah.

“Tapi yang terjadi saat ini intensif pada gas 3 Kg ini malah akan dicabut pemerintah,” tambahnya tegas mengatakan PAPMISO, mendesak agar Presiden Jokowi membatalkan pencabutan subsidi gas 3 Kg sebagaimana diusulkan oleh Dirjen Migas Kementerian ESDM yang beralasan untuk penurunan efisiensi sampai 20 persen.

“Kami PAPMISO, berharap Bapak Presiden Jokowi masih ingat dengan janjinya waktu makan bakso bersama di Deltamas Cikarang, Kabupaten Bekaai. Bahwa akan membantu dan memberdayakan pelaku UMKM, khususnya pedagang bakso dan mie ayam waktu itu,” katanya.

Lihat juga...