Pelajari Kehidupan di Luar Bumi, Cina Luncurkan Teleskop Raksasa

Lubang lensa teleskop berbentuk bola (FAST) berdiameter 500 meter, sedang dibangung diantara pegunungan di negara wilayah Pingtang, provinsi Guizhou, Tiongkok, Kamis (26/11/2019) – Foto Ant

SHANGHAI – Cina pada Sabtu (11/1/2020), secara resmi mengoperasikan teleskop radio terbesar di dunia. Keberadaanya untuk untuk membantu upaya penelitian ruang angkasa, dan membantu perburuan kehidupan di luar bumi.

The Five-hundred-meter Aperture Spherical Telescope (FAST), memiliki ukuran 30 kali lapangan sepak bola. Sarana tersebut dibangun di sebuah gunung, di provinsi barat daya Guizhou. Teleskop raksasa itu di Cina dikenal dengan nama Sky Eye. Teleskop telah menerima persetujuan nasional, untuk memulai operasi. Teleskop itu sebenarnya selesai dibangun pada 2016 dan telah menjalani uji coba beberapa tahun kemudian.

Chief Engineer FAST, Jiang Peng mengatakan, operasi uji coba teleskop sejauh ini dapat diandalkan dan stabil. Sensitivitasnya lebih dari 2,5 kali lipat dibandingkan teleskop terbesar kedua di dunia. Proyek ini juga telah memperoleh beberapa data ilmiah yang berharga dari waktu ke waktu. “Diharapkan dapat membantu mengarah pada beberapa terobosan di bidang-bidang seperti deteksi gelombang gravitasi frekuensi rendah dan molekul antarbintang, dalam tiga hingga lima tahun ke depan,” ungkap pernyataan remis Kantor Berita Cina, Xinhua, Sabtu (11/1/2020).

Memajukan program luar angkasa Tiongkok menjadi prioritas bagi Beijing. Negara itu telah menetapkan target untuk mengatasi ketinggalan dari Rusia dan Amerika Serikat. Targetnya menjadi kekuatan luar angkasa utama di 2030. Beijing juga berencana untuk meluncurkan pembangunan stasiun luar angkasa berawak sendiri tahun depan. (Ant)

Lihat juga...