Pemilihan Ketua OSIS ala Pemilu di SMP Bani Saleh Bekasi

Editor: Makmun Hidayat

BEKASI — SMP Bani Saleh I, Jalan Kartini, Margahayu, Bekasi Timur menggelar Pemilihan Ketua OSIS, sesuai dengan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) lima tahunan dengan menggunakan bilik suara dan dicoblos langsung.

Namun sayang proses pemilihan ketua OSIS tersebut tidak melibatkan Badan Pengawas Pemilu setempat yang sebelumnya ingin dilibatkan dalam pemilihan ketua OSIS di tingkat sekolah menengah pertama atau SMP.

Mardatullah, Pembina OSIS SMP Bani Saleh I, saat ditemui Cendana News di sekolah, Kamis (16/1/2020). -Foto: M. Amin

Kegiatan tersebut menurut Pembina OSIS, Mardatullah, untuk memberikan pendidikan pesta demokrasi yang cerdas melalui pemilihan langsung layaknya Pemilu.

“Ini dadakan, karena ketua OSIS sebelumnya dipegang oleh siswa kelas IX, dan mau konsen untuk mengikut Ujian Nasional (UN). Waktunya mepet banget hanya dua hari dan langsung dilakukan pemilihan ketua OSIS,”ungkap Mardatullah, Pembina OSIS SMP Bani Saleh I, kepada Cendana News, Kamis (16/1/2020).

Dikatakan kegiatan pemilihan ketua OSIS sama dengan Pemilu menjadi agenda rutin sekolah tersebut setiap tahunnya. Hak tersebut bentuk pembelajaran bagi peserta didik bisa belajar proses demokrasi dan organisasi sejak dini.

Diharapkan ke depan tidak kaget dengan organisasi. Upaya ini mengenalkan juga pentingnya mengikuti organisasi. Hal lainnya sebagai mengenalkan proses demokrasi.

Sementara para siswa terlihat antusias dalam memberikan hak suaranya. Mereka secara silih berganti memberikan hak suara dalam pemilihan ketua OSIS tersebut.

Beberapa kandidat calon ketua OSIS SMP Bani Saleh, sebelumnya memaparkan visi misi di setiap kelas di hadapan para siswa lainnya terkait tujuan dan program yang akan dilaksanakan jika terpilih.

“Peserta ada tujuh orang formatur (kandidat) calon ketua OSIS. Mereka terdiri dari kelas VII dan VIII, untuk melanjutkan estafet OSIS. Mereka yang ikut pencalonan pertama nilai akademis harus bagus, disiplin, tentunya berkelakuan baik,” tukas Marda.

M. Alfi Alfarabi, yang berhasil memenangkan pemilihan ketua OSIS secara langsung saat menyampaikan visi misi, Kamis (16/1/2020). Dia didampingi tim suksesnya. -Foto: M. Amin

Dari hasil pemilihan langsung yang diikuti 7 formatur muncul sebagai pemenang dengan perolehan suara terbanyak M. Alfi Al Farabi peserta didik kelas VIII. Dia mengantongi 52 suara dari total 140-an suara.
Total suara ada 115 terdiri dari peserta didik dan dewan guru ada 25 orang ikut memberikan hak suara. Tapi saat pencoblosan lima guru abstain karena libur dan satu siswa tidak masuk.

Lebih lanjut dikatakan  Marda, setiap calon formatur sebelumnya juga merekrut dua tim sukses yang bertugas mensosialisasikan calon yang akan di menangkan. Bahkan ada waktu sehari untuk kampanye dengan membawa kartun bertuliskan calon dan berisikan visi misi.

Marda berjanji, ke depan bisa melibatkan Bawaslu Kota Bekasi. “Ini sebagai masukan baru, coba ke depan akan melibatkan Bawaslu Kota Bekasi untuk teknis dalam pemilihan ketua OSIS di SMP Bani Saleh agar menghadirkan suasana berbeda,” ungkap Marda.

Lihat juga...