Pemprov DKI Bangun Ruang Terbuka Hijau di Area Monas

Editor: Makmun Hidayat

JAKARTA — Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah membangun ruang terbuka hijau di Ibu Kota Jakarta. Salah satunya di kawasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat. 

Kepala Unit Pengelola Monas, Muhamad Isa Sanuri mengatakan sedang melakukan revitalisasi kawasan Medan Merdeka, khususnya di sisi Selatan. Revitalisasi ini mengedepankan optimalisasi fungsi kawasan dengan konsep ruang terbuka hijau dan integrasi transportasi.

“Rancangan utama revitalisasi adalah membangun Lapangan Plaza sebagai wadah ekspresi warga di setiap sisi Monas, baik di wilayah selatan, timur, maupun barat, serta pembangunan kolam yang dapat merefleksikan bayangan Tugu Monas. Kemudian penghijauan di area parkir dengan penanaman pohon, hingga sistem memanen air untuk kebutuhan perawatannya,” kata Isa saat dikonfirmasi, di Monumen Nasional, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (20/1/2020) siang.

Kepala Unit Pengelola Monas, Muhamad Isa Sanuri saat dikonfirmasi soal penebangan pohon di Monas, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (20/1/2020) siang. -Foto: Lina Fitria

Isa menuturkan dalam revitalisasi ini membuat 190 pohon di sisi Selatan Monas ditebang, imbas proyek revitalisasi. Nantinya, kata Isa, kawasan itu bakal di buat plaza untuk upacara dan air mancur. Dari pengerjaan yang dilakukan sejauh ini, tanah yang dibeton memang terbagi menjadi dua bidang.

“Itu sudah ada masterplannya bahwa di yang bagian selatan dibangun itu bagian salah satu dari revitalisasi monas,” ujar Isa.

Nantinya, revitalisasi ini dikerjakan tiga tahap dalam tiga tahun dari 2019 sampai 2021. Setelah kawasan selatan selesai dibangun, pohon-pohon akan ditanami di beberapa bagian meski tidak seluruh 190 pohon ditanami lagi di bagian itu.

Saat ini, kata dia, proses revitalisasi mulai dilaksanakan di area Monas selatan seluas 34.841 meter persegi.

“Dari 190 pohon di area Selatan, beberapa akan dilakukan pemindahan ke area Barat, Timur, serta area parkir kendaraan yang selama ini berada di kawasan Medan Merdeka, atau dikenal dengan eks parkir IRTI (Ikatan Restoran dan Taman Indonesia),” terang Isa.

Setelah itu, pohon-pohon juga akan ditanami di bagian Monas lainnya. Isa menyebutkan, nantinya lahan parkir IRTI akan diubah menjadi jalur hijau dan ditanami pohon. Dia menjamin, akan kembali menempatkan pohon yang ditebang pada area revitalisasi Monas, tepatnya di sisi selatan.

“Dikembalikan lagi nanti fungsinya. Itu kan bahan revitalisasi, karena itu memang bagian dari hasil sayembara, itu dibuat plaza, kemudian nanti akan ditanam kembali di kawasan yang memang ada sekarang. Nantinya enggak ada lapangan, enggak ada parkir lagi nantinya ditanamin pohon jadi jalur hijau,” jelasnya.

Kemudian dia menargetkan pengerjaan proyek tersebut selesai pada Februari mendatang.  “Februari selesai,” tuturnya.

Diberitahukan pengerjaan proyek revitalisasi ini dikerjakan oleh Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan Provinsi DKI Jakarta sejak 2019, dengan target pengerjaan selama tiga tahun, atau akan selesai pada 2021.

Lihat juga...