Penjualan Kue Kering di Bandar Lampung Meningkat Saat Imlek

Redaktur: Muhsin E Bijo Dirajo

LAMPUNG — Perayaan tahun baru lunar atau Imlek bagi etnis Tionghoa di kota Bandar Lampung memberi berkah tersendiri bagi pedagang kuliner. Salah satunya pedagang kue kering.

Siti Aminah, salah satu pedagang kue kering di Jalan Batu Sangkar, pasar Bambu Kuning, Tanjung Karang menyebutkan pesanan kue sudah meningkat sepekan sebelum Imlek. Berbagai jenis kue yang dijua berupa jenis mice nastar, sagu keju lumer, nastar tabur keju, kastengel, ring, putri salju dan jenis lainnya.

“Penjualan kue kering mengalami peningkatan terutama jenis kue untuk hidangan Imlek serta jenis kue tradisional asal Lampung di antaranya pletekan, kerupuk kemplang dan kerupuk iklan untuk oleh oleh,” papar Siti Aminah saat ditemui Cendana News, Sabtu (25/1/2020).

Tradisi Imlek dengan kegiatan silaturahmi bagi warga etnis Tionghoa di Lampung mendorong peningkatan omzet penjualan. Sepekan sebelum Imlek menurutnya ia bisa mendapat omzet sekitar Rp1 juta hingga Rp2 juta. Omzet tersebut lebih tinggi dari sebelumnya hanya ratusan ribu perhari.

Sejumlah kue yang dijual diantaranya meliputi kerupuk kemplang, kerupuk ikan seharga Rp20.000 per kemasan. Jenis kue nastar, ring keju, putri salju dijual dengan harga Rp120.000 per kilogram.

“Sebagian konsumen membeli kue kering menyesuaikan kebutuhan, dominan menghabiskan ratusan ribu sekali pembelian,” ujar Siti Aminah.

Usman, pemilik toko kue kering menyebutkan, sebagai wilayah yang dekat dengan Teluk Lampung, kuliner berbahan ikan paling dominan. Jenis makanan tradisional yang disediakan tersebut meliputi kerupuk kemplang, pletekan.

“Pembeli sebagian merupakan wisatawan yang berkunjung ke sejumlah objek wisata di Lampung dan pulangnya membawa oleh-oleh,” bebernya.

Usman menyebut peningkatan omzet penjualan kerap terjadi saat libur panjang dan jelang hari raya. Berbagai jenis kue kering banyak diminati oleh warga yang tidak sempat membuat kue.

Selain sejumlah kue kering, tahun baru Imlek yang bersamaan dengan musim buah durian membuat buah tersebut banyak dijual. Sejumlah toko bahkan menyiapkan durian untuk dijual sebagai oleh oleh.

Lihat juga...