Penumpang Penerbangan Perdana Cina-Padang akan “Disambut” Screening

Redaktur: Muhsin E Bijo Dirajo

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, Arfian, yang ditemui di sela kegiatan Festival Serak Gulo di Masjid Muhammadan Padang, Sabtu (25/1/2020)/Foto: M. Noli Hendra

PADANG — Penerbangan dari Kota Kunming, Provinsi Yunnan, Cina, dengan rute Padang akan diberlakukan besok Minggu (26/1/2020). Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat, mengklaim telah mempersiapkan segala penyambutan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, Arfian mengatakan, besok subuh penerbangan dari Kumning akan mendarat di Bandara Internasional Minangkabau, dengan jumlah penumpang 174 orang.

“Ini merupakan penerbangan pertama dari Cina ke Padang. Kita tentunya mendukung adanya rute baru ini, karena dapat menambah jumlah wisatawan,” katanya, Sabtu (25/1/2020).

Ia menyebutkan selama ini wisatawan asing yang datang ke Padang dominan dari Malaysia. Untuk itu, dengan dibukanya rute penerbangan dari Cina – Padang dapat menambah kunjungan wisatawan.

“Informasi yang saya peroleh saat ini penerbangan Cina – Padang hanya satu kali penerbangan selama satu kali dalam satu pekan,” ujarnya.

Mengingat kini tengah maraknya virus Corona di Cina, Arfian, menegaskan, Kota Kunming tidaklah termasuk kota yang terpapar. Kendati demikian, di Bandara Internasional Minangkabau telah menerapkan sistem screening kepada setiap penumpang yang datang.

“Kita tentunya mewaspadai terkait virus Corona itu, tapi upaya antisipasi telah dilakukan oleh pihak BIM dengan cara penerapan screening,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Promosi, Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, Hendri Agung Indrianto, mengatakan, Pemprov Sumatera Barat menyambut baik dengan adanya penerbangan internasional yakni dari Cina – Padang.

“Ini kesempatan bagi kita untuk memperkenalkan lebih luas lagi potensi pariwisata di Sumatera Barat umumnya,” sebutnya.

Agung mengaku tidak mengetahui pasti kenapa kini ada rute penerbangan dari Kumning Cina dengan rute ke Padang Indonesia. Kendati demikian, selagi hasilnya baik untuk pariwisata di Sumatera Barat, perlu didukung bersama-sama.

Menurutnya sebagai bentuk dukungan dari Pemprov Sumatera Barat dengan rute penerbangan Cina – Padang itu, akan ada acara penyambutan.

“Kita mempersiapkan penyambutan dengan budaya Minangkabau. Karena ini perdana, kita harus memberikan kesan yang baik. Semoga penerbangan besok lancar,” kata Agung.

Lihat juga...