Persija Dipastikan Bermarkas di Gelora Bung Karno

Pemain Persija Jakarta menjalani latihan di Stadion Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Senin (27/1/2020) – Foto Ant

JAKARTA – Manajemen Persija Jakarta memastikan, klub ibu kota tersebut bermarkas di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, saat  mengarungi Liga 1 Indonesia 2020.

“Kandang masih di SUGBK. Itu masih menjadi opsi utama,” ujar Pembina tim Persija, Marsekal Pertama TNI Ardhi Tjahjoko di Stadion Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Senin (27/1/2020).

Meski demikian, Persija tetap menyiapkan stadion cadangan sebagai markas yaitu Patriot Candrabhaga di Bekasi, Jawa Barat. Hal itu dikarenakan, SUGBK menjadi salah satu dari enam stadion yang disiapkan untuk Piala Dunia U-20 tahun 2021. “Alternatif stadion kandang kami adalah Patriot,” tutur Ardhi.

Setelah direnovasi di 2016-2018, SUGBK menjadi stadion markas Persija Jakarta di Liga 1 2018 dan 2019. Stadion berkapasitas lebih dari 75.000 penonton tersebut menjadi saksi perayaan juara Liga 1 Indonesia 2018 klub berjuluk Macan Kemayoran.

SUGBK menjadi satu dari enam stadion untuk Piala Dunia U-20 tahun 2021. Kelima stadion lainnya yakni Stadion Pakansari di Bogor, Stadion Mandala Krida di Yogyakarta, Stadion Manahan di Solo, Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya dan Stadion Kapten I Wayan Dipta di Bali.

Sementara itu, bek Persija Jakarta, Tony Sucipto, merasa tidak masalah jika timnya harus berpindah-pindah tempat latihan, selama masa persiapan menuju Liga 1 Indonesia 2020. “Itu karena cuaca tidak mendukung jadi tempatnya berubah-ubah. Lapangan jadi tidak mudah rusak,” ujar Tony di Stadion Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Senin (27/1/2020).

Sejak awal 2020, Persija memang kerap berganti lokasi latihan. Tercatat ada tiga tempat yang bisa digunakan Persija untuk berlatih yakni Lapangan PS AU TNI Angkatan Udara di Halim Perdanakusuma, Jakarta, lalu Lapangan NYTC, Sawangan, Depok dan Stadion Soemantri Brodjonegoro, Jakarta.

Namun, dari ketiga lokasi tersebut, Lapangan PS AU TNI Angkatan Udara-lah yang paling sering digunakan oleh Riko Simanjuntak dan kawan-kawan. Menurut Pembina tim Persija Marsekal Pertama TNI Ardhi Tjahjoko, Lapangan PS AU saat ini sedang dalam perbaikan meski masih bisa digunakan sesekali. “Rumput di lapangan itu diganti yang bagus, diperbaiki. Itulah kenapa latihan pindah-pindah,” kata Ardhi.

Meski demikian dipastikannya, pemain Persija tetap menggunakan mes PS AU sebagai tempat tinggal. Lapangan PS AU juga masih menjadi tempat latihan utama skuat Macan Kemayoran. “Tim masih beraktivitas di Halim Perdanakusuma. Gubernur DKI Jakarta sudah bersurat ke Kepala Staf Angkatan Udara agar kami meminjam lapangan latihan,” tutur Ardhi. (Ant)

Lihat juga...