Piala FA, Tottenham Kembali Butuh Jadwal Ulang

Penyerang sayap Tottenham Hotspur, Lucas Moura (kanan) berjibaku dengan bek Southampton Kevin Danso dalam laga putaran keempat Piala FA di Stadion St. Mary's, Southampton, Inggris, Sabtu (25/1/2020) – Foto Ant

JAKARTA – Tottenham kembali butuh menjadwalkan laga ulang, untuk menentukan nasib mereka di Piala FA. Hal itu dibutuhkan, setelah main imbang 1-1, melawan Southampton, Sabtu (25/1/2020).

Dalam pertandingan putaran keempat di Stadion St. Mary’s, Giovani Lo Celso sempat melakukan selebrasi setelah tembakannya bersarang ke gawang Southampton pada menit ke-29. Namun, golnya dianulir, sebab bola terlebih dulu mengenai rekannya sendiri Son Heung-min, yang berdiri dalam posisi offside.

Setelah peluang demi peluang dari kedua tim tak membuahkan hasil, Son menebus dosanya dengan tanpa cela, menyelesaikan umpan kiriman Erik Lamela pada menit ke-58. Gol itu juga sempat melewati tinjauan VAR, karena Bamidele Alli dianggap melanggar Dans.

Namun, pada akhirnya keunggulan Tottenham disahkan. Sayangnya keunggulan itu gagal dijaga Tottenham, hanya tiga menit menjelang waktu normal berakhir, Serge Aurier dipecundangi oleh Pierre-Emile Hojbjerg, yang kemudian mengirim umpan yang diteruskan Danny Ings dan diselesaikan oleh Sofiane Boufal menjadi gol penyama kedudukan.

Terdesak untuk mengurangi jadwal laga tambahan, Lo Celso berusaha melepaskan tendangan bebas jarak jauh yang berhasil melewati pagar hidup. Namun, bolanya tidak menukik ke gawang. Skor 1-1 bertahan, memaksa Tottenham ganti menjamu Southampton di London dalam laga ulang pada Rabu (5/2/2020) waktu setempat.

Ini jadi kali kedua bagi Tottenham menjalani laga ulang, setelah di putaran ketiga lalu mereka juga harus menjamu Middlesbrough untuk bisa lolos. Tottenham dan Southampton tidak sendirian, sebab hingga kini empat pertandingan putaran keempat Piala FA juga dijadwalkan digelar ulang.

Newcastle United juga gagal lolos, memastikan nasibnya setelah main imbang nirgol kala menjamu tim kasta ketiga Oxford United. Dua tim kasta kedua, Cardiff City dan Reading, juga akan menjalani laga ulang lantaran main imbang 1-1. Sedangkan tim kasta kedua lainnya, Birmingham City, bakal bergantian menjadi tuan rumah untuk laga ulang kontra tim strata ketiga Coventry City, setelah main imbang nirgol. (Ant)

Lihat juga...