Sejuknya Air Pegunungan di GWK Banyumas

Editor: Koko Triarko

BANYUMAS – Mendengar nama GWK, pasti ingatan kita langsung tertuju ke Bali, yaitu tempat wisata Garuda Wisnu Kencana. Namun, saat ini orang Banyumas dan sekitarnya juga terbiasa menyebut GWK, yaitu Gallery Water Karangmangu, yang menyuguhkan wisata air.

Selain namanya yang ‘istimewa’, GWK juga menyajikan kolam renang selfi yang baru pertama kali ada di Kota Purwokerto. Kolam renang dengan kedalaman 1-3 meter disediakan bagi pengunjung yang ingin selfi dalam air. Pengunjung bisa melakukan foto sendiri atau pun minta bantuan jasa dari juru foto.

Pengunjung bisa menggunakan jasa foto underwater dengan harga Rp20.000 maksimal selama 15 menit. Jika ingin mencetak langsung fotonya, untuk ukuran cetak 6R harganya Rp30.000, untuk cetak 10R dihargai Rp50.000 dan untuk foto cross harganya Rp 50.000.Jika sekadar ingin mendapatkan file-nya saja, pengunjung hanya membayar Rp 10.000 saja.

Ivana, salah satu pengunjung sedang belajar berenang di GWK, Minggu (19/1/2020). -Foto: Hermiana E. Effendi

Wisata air masih menjadi favori bagi warga Banyumas dan sekitarnya di akhir pekan. Terlebih wisata air di kawasan Baturaden yang airnya sejuk, asli dari air pegunungan.

“Suka berenang di sini, airnya sejuk dan banyak kios jajanannya,” kata salah satu pengunjung, Ivana, siswa kelas 1 Sekolah Dasar (SD) yang baru mulai belajar berenang, Minggu (19/1/2020).

GWK  yang berlokasi di jalan Raya Baturaden, Desa Karangtengah, Kecamatan Baturaden, ini memiliki beberapa kolam renang. Dua kolam renang anak dengan kedalaman 20 – 50 centimeter, kolam renang dewasa dan kolam renang untuk berswafoto.

Suasana kolam renang tetap sejuk, meski di tengah terik matahari, karena dikelilingi bukit-bukti kecil.

Lokasi ini juga dilengkapi taman bunga dan camping ground. Ada pula puluhan kios yang menjual aneka kaos, sovenir dan oleh-oleh khas Banyumas.

Manajer GWK, Wahyu Lestari, mengatakan, GWK sudah mulai beroperasi sejak Juni 2019. Saat ini tingkat kunjungan terus mengalami peningkatan. Dalam satu hari, lebih dari 200 pengunjung datang dan pada hari libur, jumlah kunjungan bisa sampai dua kali lipat dari hari biasa.

“Harga tiket masuk Rp15.000 dan pengunjung bisa menikmati berbagai kolam renang, taman bunga, sekaligus bisa berwisata belanja, karena ada 80 kios yang menjual sovenir maupun oleh-oleh khas Banyumas di sini,” terangnya.

Lihat juga...