Sop Ubi Khas Makassar Bisa Ditemui di Bekasi

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Memasuki musim hujan di Kota Bekasi dengan intensitas cukup lama membuat suasana menjadi dingin hingga membutuhkan makanan hangat. Tentunya juga ingin mencari tempat yang pas.

Salah satunya lokasi kuliner khas Makassar yang menyajikan berbagai menu khas Ujungpandang. Salah satunya adalah Sop Ubi, salah satu kudapan tradisional yang memberikan rasa hangat di saat musim hujan.

Selain Sop Ubi khas Makassar, juga disediakan berbagai menu khas wilayah Sulawesi Selatan seperti Ikan Bakar, Sop Konro, es pisang Ijo, Coto Makassar, dan aneka kue seperti Panada.

Sop Ubi menjadi salah satu menu andalan, makanan tradisional khas Makassar yang memiliki bahan baku ubi kayu digoreng, kemudian dipotong kecil lalu dicampur dengan bihun, tauge, kacang tanah goreng dan telur. Bisa juga daging, tapi jika daging namanya berubah jadi sop konro.

“Untuk bahan baku seperti rempah memang langsung dikirim dari Makassar. Sehingga rasanya akan sama dengan tempat asalnya,” ujar Ibu Hera, pengelola rumah makan khas Makassar Es Pisang Ijo, di Kampung Pamahan, Jatiasih, Bekasi, Sabtu (11/1/2020).

Rumah makan khas Makassar berada di perkampungan bertempat di rumah khusus dengan halaman yang luas. Sehingga siapa pun yang menikmati makanan akan terasa seperti di rumah sendiri.

Untuk harga berbagai pilihan menu lebih terjangkau dibanding tempat lainnya. Mereka juga menerima pesanan berbagai menu melalui pesanan online.

Sop Ubi, menjadi menu favorit khas warga Makassar. Biasanya mereka yang ada di desa karena tidak bisa menggunakan daging maka diganti dengan ubi singkong.

“Sop Ubi bisa dikatakan untuk golongan menengah ke bawah. Kalau yang mampu bisa menggunakan daging. Sop Ubi murni rasa ubi untuk kuahnya tidak dicampur apa pun,” papar Hera.

Dalam kesempatan itu Hera juga menyampaikan bahwa di tempatnya setiap Minggu membuka pelatihan masak secara gratis untuk siapa saja. Hanya dengan membeli bahan baku, setelah masak hasilnya dibawa sendiri.

Kasir Rumah Makan Es Pisang Ijo di Kampung Pamahan, Egi. Dia mengaku banyak pesanan es pisang Ijo melalui online dan juga Sop Ubi, Sabtu (11/1/2020) – Foto: Muhammad Amin

“Untuk harga sop ubi hanya Rp15 ribu sedangkan es pisang ijo Rp14 ribu. Saat menikmati sop ubi bisa tanpa menggunakan nasi karena sudah ada ubi,” tambah Egi, salah seorang kasir.

Lihat juga...