Tahun Ini ‘Merapi Garden Night’ Bisa Dinikmati Tiap Akhir Pekan

Editor: Koko Triarko

BOYOLALI – Mulai 2020, Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran berencana membuka objek wisata Taman Bunga ‘Merapi Garden’ di kawasan wisata puncak Selo, Boyolali, Jawa Tengah, hingga malam hari. Pembukaan wisata malam hari (Garden Night) ini dilakukan untuk mengakomodir permintaan wisatawan sekaligus meningkatkan jumlah kunjungan. 

Manajer Usaha Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran, Taufiq Syahumar, menyebut pada tahap awal pihaknya hanya akan membuka Garden Night di objek wisata Taman Bunga ‘Merapi Garden’, saat akhir pekan yakni Sabtu dan Minggu. Hal ini dilakukan mengingat pada hari-hari inilah puncak kunjungan wisatawan biasa terjadi.

Manajer Usaha Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran Taufiq Syahumar. -Dok: CDN

“Kita sebenarnya sudah mulai membuka Merapi Garden Night sejak masa liburan tahun baru kemarin. Yakni dengan membuat spot-spot baru, seperti bemacam hiasan lampu warna-warni hingga pesta kembang api. Rencananya, Merapi Garden Night ini akan tetap kita buka di 2020. Meskipun khusus pada Sabtu dan Minggu,” katanya kepada Cendana News, Selasa (7/1/2020).

Untuk menarik minat pengunjung, Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran, selaku pengelola Merapi Garden, akan membuat semacam panggung hiburan berisi pertunjukan Live Music untuk menghibur pengunjung. Selain itu, sebuah Mini Cafe juga akan disiapkan, guna mengakomodir kebutuhan setiap wisatawan yang berkunjung.

“Jadi, nanti pengunjung bisa menikmati suasana khas kawasan pegunungan saat malam hari. Sambil mendengarkan live music, pengunjung juga bisa memesan dan menikmati hidangan, seperti aneka jenis minuman, kopi, dan sebagainya,” katanya.

Untuk tiket masuk, pihak pengelola akan mematok tarif sebesar Rp5.000 per pengunjung. Tarif ini sama dengan tarif kunjungan di objek wisata Taman Bunga Merapi Garden pada siang hari.

Melalui pembukaan wisata malam hari, diharapkan tingkat kunjungan khususnya pada malam hari bisa didongkrak. Sehingga bisa meningkatkan pemasukan bagi koperasi.

Sebagaimana diketahui objek wisata Taman Bunga Merapi Garden didirikan Yayasan Damandiri sejak 2018, sebagai bagian program pemberdayaan keluarga Desa Cerdas Mandiri Lestari. Menawarkan suasana dan panorama alam pegunungan, objek wisata ini didirikan guna melengkapi sejumlah program yang telah ada sebelumnya, yakni Kampung Homestay dan Warung Kafe Damandiri.

Berbagai macam program di bidang pariwisata ini diharapkan mampu menggerakkan ekonomi di desa Samiran, yang sebelumnya hanya bergantung pada sektor pertanian saja. Dengan begitu, pendapatan warga bisa makin meningkat, dan pada akhirnya akan mampu meningkatkan kesejahteraan seluruh warga desa.

Lihat juga...