Taman Buah Mekarsari Berhasil Kembangkan Durian Cane

Editor: Makmun Hidayat

BOGOR — Walaupun tidak bisa mencapai ukuran maksimal dan ketebalan maksimal seperti buah asalnya, durian cane berhasil dikembangkan oleh Taman Buah Mekarsari. 

Staf Agro Taman Buah Mekarsari, Anna Sartika Hutapea, menyatakan durian cane berhasil dikembangkan di Taman Buah Mekarsari walaupun ada perbedaan karakteristik buahnya.

“Daging buah cane ini memang harusnya tebal, seperti halnya montong. Tapi karena ada perbedaan habitat, maka daging buahnya tidak setebal hasil asli dari Thailand,” kata Anna saat ditemui di Kebun Durian, Taman Buah Mekarsari Bogor, Kamis (16/1/2020).

Tampilan buah durian cane memiliki lekukan unik, Kebun Durian Taman Buah Mekarsari, Bogor, Kamis (16/1/2020). -Foto Ranny Supusepa

Tekstur daging buah durian cane halus, warnanya oranye yang gradasinya akan semakin gelap seraya bertambahnya umur buah.

“Ciri khas cane, bisa dilihat juga dari bentuk buahnya yang memiliki lekuk di badan buah,  gendut di tengah dan ujung bawahnya berbentuk melingkar baru meruncing,” urai Anna.

Rasa daging buah durian cane sangat manis dengan biji buah yang tidak besar dan juga tidak kecil.

“Manisnya cane ini bisa meninggalkan rasa yang cukup lama di mulut karena rasa manisnya,” ujar Anna seraya menunjukkan daging buah cane yang berwarna oranye.

Duri durian cane panjang dan runcing. Arahnya seperti mengarah ke lekukan buah durian. Warna kulitnya hijau terang.

“Tidak terlalu terang, hanya memang lebih terang jika dibandingkan jenis buah durian lainnya di Mekarsari,” ucapnya lebih lanjut.

Pohon durian cane di Blok A Taman Buah Mekarsari, Kamis (16/1/2020). -Foto: Ranny Supusepa

Di Taman Buah Mekarsari, menurut Anna, hanya ada 10 pohon varietas cane. Masing-masing pohon, bisa menghasilkan sekitar 20 buah.

“Kalau di negara aslinya, ukurannya bisa besar. Bisa antara 6-8 kg tapi hanya lima buah saja per pohon. Kalau di Mekarsari, paling hanya direntang 3-4 kg per buah tapi dari satu pohon bisa lebih dari 10. Tiap tahun, pohon durian cane juga berbuah di Mekarsari,” katanya.

Seperti halnya varietas durian lainnya di Taman Buah Mekarsari, Anna menyebutkan cane pun memiliki pangsa tersendiri di masyarakat.

“Semua varietas di Mekarsari dicari orang. Masing-masing kan punya kesukaan sendiri-sendiri. Walaupun cane kita tidak sebesar yang dari Thailand tapi cane Mekarsari lebih mudah dijual, karena ukurannya tidak terlalu besar. Kesulitan menjual buah durian yang terlalu besar, adalah harganya yang menjadi terlalu  mahal,” pungkasnya.

Lihat juga...