Tokoh Masyarakat Yakin PLBN Sebatik Angkat Perekonomian Perbatasan

NUNUKAN — Tokoh masyarakat Herman Baco, yakin kehadiran Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Pulau Sebatik Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara akan memajukan perekonomian di wilayah perbatasan.

“Saya mengapresiasi dan mendukung rencana pemerintah dengan alasan sangat tepat jika Pulau Sebatik dibangun pos lintas batas” kata Herman di Sebatik, Kamis (23/1/2020) ketika menanyakan rencana Pemerintah membangun PLBN di Sei Pancang Kecamatan Sebatik Utara.

Menurut Herman, PLBN memberikan nilai positif bagi perkembangan khususnya di Pulau Sebatik pada berbagai sektor kehidupan masyarakat di perbatasan negara.

Khusus sektor ekonomi, pengusaha di Pulau Sebatik ini meyakini, keberadaan PLBN di pulau itu dapat mengangkat perekomomian daerah karena lancarnya perlintasan dari dan ke Malaysia melalui Tawau Negeri Sabah.

Selain itu, PLBN yang rencana membutuhkan lahan hingga puluhan hektar ini akan mempermudah masyarakat di Pulau Sebatik untuk menyeberang ke Tawau ataupun sebaliknya.

Alasannya, selama ini masyarakat perbatasan yang hendak menyeberang ke Tawau masih ilegal sehingga keberadaan PLBN nantinya dapat mengurangi.

Herman berpendapat, perekonomian sebagian masyarakat perbatasan di Pulau Sebatik masih mengandalkan perdagangan lintas batas dengan memasok produk Malaysia.

Oleh karena itu, keberadaan PLBN sangat dibutuhkan untuk memperlancar pasokan barang kebutuhan pokok dari negara tetangga secara legal.

Mudahnya akses masyarakat untuk menyeberang ke luar negeri melalui Pulau Sebatik, tentunya jumlah penumpang semakin tinggi. Secara tidak langsung perekonomian akan meningkat.

Herman mengharapkan, pembangunan PLBN di Pulau Sebatik segera direalisasikan karena masyarakat sangat merindukannya. [Ant]

Lihat juga...