Truk Bermuatan Overload dan Cuaca Rusak Ruas Jalinsum

Redaktur: Muhsin E Bijo Dirajo

LAMPUNG — Kerusakan ruas Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Desa Pasuruan, Desa Kelau, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan (Lamsel) mulai diperbaiki oleh Kementerian PUPR. Sejumlah akses jalan yang berlubang, bergelombang perbaikan dilakukan dalam beberapa tahap dan digali hingga pondasi.

Agus, pengawas pengerjaan jalan dari Satker Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN) Kementerian PUPR menyebutkan, kerusakan ruas jalan nasional di Kecamatan Penengahan terjadi selama penghujan. Kendaraan pengangkut muatan berlebih (overload) menurutnya menjadi faktor penyumbang kerusakan.

“Hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan meluapnya saluran air ke jalan raya. Dari Desa Pasuruan hingga ke Desa Kelau atau di KM 66 hingga 67 titik jalan berlubang mencapai puluhan,” ungkap Agus saat ditemui Cendana News disela sela proses pengerjaan perbaikan jalan, Selasa (14/1/2020).

Agus menyebut sudah mendapat laporan dari unsur pemerintah desa, kecamatan dampak kerusakan jalan. Sejumlah pengendara terutama motor pada malam hari kerap mengalami kecelakaan.

“Perbaikan pada sejumlah titik jalan yang rusak sementara memakai batu sabes, split dan selanjutnya diratakan memakai alat berat untuk ditutup memakai aspal agar kontur badan jalan kembali halus,” terangnya,

Perbaikan sejak beberapa hari terakhir ditargetkan selesai pada akhir pekan agar pengendara merasa nyaman.

Perbaikan bersifat sementara pada titik jalan rusak akan dilanjutkan dengan perbaikan permanen. Perbaikan menyeluruh akan dilakukan dengan menambah ketebalan jalan aspal.

Yono, warga di dekat titik Jalinsum rusak menyebut sejak jalan rusak selama tiga bulan sudah ada puluhan kendaraan celaka. Umumnya pengendara yang kecelakaan berasal dari  luar daerah yang tidak paham kondisi jalan rusak di wilayah tersebut.

“Ada pengendara yang mengalami luka luka sehingga harus dilarikan ke Puskesmas,” beber Yono.

Agus, pengawas pengerjaan memberikan keterangan kepada Cendana News di lokasi jalan rusak di Jalan Lintas Sumatera, Selasa (14/1/2020). Foto: Henk Widi

Yono menyebut perbaikan akses jalan di titik Jalinsum Desa Pasuruan dan Kelau dilakukan berulang kali. Idealnya ruas jalan nasional tersebut diganti menjadi jalan rigid beton. Sebab kendaraan pribadi, bus dan truk tujuan Bakauheni ke Sumatera Selatan sebagian sudah memakai akses Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Penggantian konstruksi jalan aspal dengan rigid beton diharapkan bisa meningkatkan kualitas jalan.

Lihat juga...