Tundukkan Kyrgios, Nadal Lolos Perempat Final Australia Open

Petenis Spanyol, Rafael Nadal, beraksi saat melawan petenis senegaranya Pablo Carreno Busta, pada turnamen tenis Australia Terbuka putaran ketiga di Melbourne Park, Melbourne, Australia, Sabtu (25/1/2020) – Foto Ant

JAKARTA – Rafael Nadal harus melalui pertandingan babak keempat yang melelahkan, hingga tiga jam 38 menit, saat menghadapi perlawanan petenis tuan rumah, Nick Kyrgios 6-3, 3-6, 7-6(6), 7-6(4).

Hasil pertandingan tersebut meloloskan Nadal ke perempat final Australia Open 2020. “Ini adalah pertandingan yang sangat melelahkan. Mulanya saya memegang kendali, tapi Anda tak pernah bisa sepenuhnya memgendalikan (permainan) jika menghadapi Nick. Saat saya membuat kesalahan di servis, lalu ia mengambil celah, akan sulit untuk mematahkan pukulannya lagi,” kata Nadal, Senin (27/1/2020).

Peringkat pertama asal Spanyol ini menambah daftar skor kemenangannya atas Kyrgios menjadi 5-3. Serta skor tanding di lapangan keras dengan skor imbang 2-2. Pada bulan awal musim 2020, Nadal secara total sudah mengantongi delapan kemenangan dari 10 pertandingan yang dilakoni.

Dimulai pada turnamen ATP Cup bersama tim Spanyol dua pekan lalu. Dalam turnamen ini, Nadal juga punya harapan menciptakan gelar Grand Slam ke-20, untuk menyamai Roger Federer (Swiss), serta menjadi petenis putra pertama di Open Era yang memenangi seluruh empat turnamen akbar dalam beberapa kesempatan.

Di babak delapan besar, Nadal akan meladeni Dominic Thiem dari Austria. “Besok akan sengit, kami sudah saling tahu dengan sama baiknya. Dia (Thiem) punya karakter yang baik dan pesaing yang cukup sulit. Saya harus bermain dengan baik, tapi rasanya saya siap untuk itu. Saya sudah bermain baik menghadapi Pablo (Carreno Busta) dua hari lalu, dan malam ini pun menghadapi salah satu petenis terbaik di dunia. Kuharap besok bisa sesuai harapan,” kata Nadal.

Sementara itu, petenis muda Indonesia, Priska Madelyn Nugroho, melaju ke fase selanjutnya di Australian Open Junior, baik pada kategori tunggal maupun ganda. Pada putaran pertama kategori tunggal putri, Priska menang 7-6, 6-4, 7-5 atas petenis Korea Selatan Dayeon Baek. Priska selanjutnya akan menghadapi petenis Jerman Alexandra Vecic, yang menang 7-5, 6-4, 6-3 atas petenis Prancis unggulan pertama, Elsa Jacquemot.

Sementara itu pada kategori ganda putri, Priska, yang berpasangan dengan petenis Filipina Alexandra Eala, berhasil mengalahkan pasangan Elina Avasnesyan (Rusia)/Lyubov Kostenko (Ukraina) dengan skor 7-5, 4-6, 10-6.

Pasangan Indonesia-Filipina itu akan bertemu Julie Belgraver (Prancis)/ Pia Lovric (Slovenia) pada putaran kedua. Pada Australian Open Junior tahun lalu, Priska sempat melaju sampai ke putaran ketiga tunggal putri, sebelum akhirnya dikalahkan unggulan kesembilan Kamilla Bartone asal Latvia dengan skor 3-6, 6-3, 3-6.

Sedangkan pada kategori ganda putri kejuaraan yang sama tahun lalu, langkah Priska yang saat itu berpasangan dengan petenis China Wei Sijia terhenti di putaran pertama, setelah kalah dari pasangan Kamilla Bartone/Giulia Morlet (Prancis). (Ant)

Lihat juga...