Usaha RM Ampera Rp10.000 Menjamur di Padang

Editor: Makmun Hidayat

PADANG — Usaha rumah makan Ampera dengan harga cuma Rp10.000 banyak bermunculan di wilayah Kota Padang, Sumatera Barat. Rumah makan ini paling banyak di jumpai di kawasan lingkungan kos-kosan mahasiswa, serta di sepanjang jalan utama menuju arah pusat kota.

Salah seorang pedagang rumah makan Ampera, Ayu, mengatakan, usaha rumah Ampera Rp10.000 terbilang sangat menjanjikan. Sebab, pelanggan tidak hanya dari kalangan pegawai, tapi bisa menjangkau banyak kalangan hingga ke tukang ojek. Ia menduga dengan kondisi ekonomi rakyat yang terlihat lesu, menghadirkan usaha rumah makan dengan harga Rp10.000 kenyang itu, adalah usaha yang menjanjikan.

“Untuk satu porsi itu, ada dua mangkok nasi, sati potong lauk pauknya, terserah mau ikan bakar, ayam bumbu, atau lauk pauk lainnya. Setelah itu dicampur dengan berbagai rasa sambal, dan itu semua hanya Rp10.000 saja,” katanya, Selasa (21/1/2020).

Menurutnya, untuk porsi Rp10.000 dengan dua mangkok nasi cukup mengenyangkan bagi pelanggan. Namun bagi yang ingin menambah nasi satu mangkoknya, akan dikenakan biaya tambahan Rp2.000. Sementara bagi yang ingin menambah lauk pauk akan dikenakan biaya tambahan Rp5.000 per potong.

Hampir seluruh rumah makan Ampera Rp10.000 menerapkan porsi yang demikian. Tapi ada meskipun terpikirkan satu potong lauk pauk, misalnya ayam bumbu. Ada perbedaan ukuran antara makan di rumah makan yang satu porsinya itu Rp17.000. Dimana untuk ukuran satu potong ayam di rumah makan Ampera Rp10.000 bisa dikatakan separoh dari ukuran sepotong ayam di rumah makan yang porsi harganya Rp17.000.

“Untuk banyak nasinya hampir sama dengan rumah makan lainnya, yang kita lakukan itu ya ukuran lauk pauknya yang agak kecil ketimbang lauk pauk rumah makan pada umumnya. Tapi meski demikian, banyak pelanggan yang merasa puas dengan hadirnya rumah makan Rp10.000 ini,” ujarnya.

Di Kota Padang, keberadaan rumah makan Ampera Rp10.000 ini bisa ditemukan di Jalan Ampang Padang menuju Bypass, kawasan kos-kosan di Pasar Baru yang merupakan banyak mahasiswa Universitas Andalas, di Simpang Haru Padang yang berdekatan dengan kos-kosan mahasiswa UPI Padang dan Universitas Dharma Andalas Padang.

Pengusaha rumah makan Ampera Rp10.000 lainnya, Musfi, mengatakan, dengan menjalani usaha rumah makan yang harganya lebih murah itu, ada keuntungan tersendiri yang diperoleh luar dari soal untung dari sisi materi. Dengan adanya usaha rumah makan Ampera RP10 ini, telah banyak membantu masyarakat untuk dapat menikmati masakan di rumah makan dengan harga yang sangat terjangkau.

“Kalau di restoran yang datang tentu dari kalangan elit, kalau di sini ya masyarakat pekerja keras atau buruh. Tapi penjualan sangat laris, bahkan hingga tengah malam banyak pelanggan yang datang,” sebutnya.

Ardianto, pelanggan rumah makan Ampera Rp10.000 mengatakan, di era ekonomi yang lagi melemah ini, mendapatkan adanya rumah makan yang menjual Rp10.000 saja, sangat bersyukur, terutama bagi anak kos. Bahkan, ada temannya yang menjadi ojek online juga memilih makan di Ampera Rp10.000 untuk mengirit pengeluaran.

“Saya santai saja makan enak di rumah makan Rp10.000 ini, ya tidak harus gengsi lah, dari pada tidak makan. Seandainya semua rumah makan di Padang ini harganya Rp10.000, tidak bakalan ada orang yang kelaparan,” ungkapnya.

Lihat juga...