VLO, Jeruk Manis Segar Tak Berbiji

Editor: Makmun Hidayat

BOGOR — Jeruk VLO atau Valencia Latte Orange termasuk dalam varietas jeruk hasil budidaya. Keunggulan dari jeruk ini adalah buahnya yang besar, rasa manis segar dan tanpa biji. 

Supervisor Pengembangan Hasil Penelitian dan Landscape Gardener Taman Buah Mekarsari Junaedi menyebutkan jeruk VLO termasuk dalam varietas yang dikembangkan untuk daerah dataran rendah.

“Untuk industri, jeruk VLO ini bisa menjadi unggulan. Karena perawatannya tidak susah dan memiliki buah yang besar,” kata Junaedi saat ditemui di Area Jeruk Taman Buah Mekarsari Bogor, Jumat (31/1/2020).

Jun menjelaskan bahwa jeruk merupakan tanaman yang berkembang biak dengan baik pada suhu 20-30 derajat Celcius.

“Untuk jeruk VLO ini kalau ditanam di dataran rendah, rasanya tetap manis tapi memiliki kulit yang lebih tebal dan agak kasar,” ujarnya.

Tanaman jeruk VLO membutuhkan tanah yang subur, gembira,  banyak mengandung bahan organik dan pororitas tinggi.

“pH tanah yang paling bagus untuk tanaman jeruk adalah 5-6. Curah hujan yang paling baik adalah 1.500 –  2.000 mm per tahun. Kemarau dan penghujan harus dalam komposisi sama, yaitu antara 4-6 bulan,” urainya.

Batang VLO kecil dan tidak berduri. Daunnya ramping dan panjang, warnanya hijau gelap dan tidak memiliki aroma.

“Tidak seperti jenis jeruk yang berukuran kecil, daun VLO ini tidak beraroma. Bukan hanya VLO,  tapi semua jenis jeruk besar, daunnya tidak beraroma,” ucapnya.

Jeruk VLO ini, menurut Jun, sering dimanfaatkan untuk dikonsumsi secara langsung. Walaupun bisa juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan minuman.

“Rasanya manis segar. Kandungan vitamin C-nya tinggi. Karena itu banyak yang suka dan membuka peluang untuk usaha,” ujarnya.

Tanaman buah jeruk VLO biasanya tumbuh sebagai semak tapi di Taman Buah Mekarsari, biasanya ditanam di tabulampot. Sehingga pengunjung bisa membeli untuk ditanam di rumah.

“Menanam jeruk VLO ini tidak susah. Dalam waktu delapan bulan dari mulai buah muncul, sudah bisa dipanen. Kalaupun ditanam di rumah, dengan perawatan yang tepat maka bisa jadi sumber buah sehat untuk keluarga,” pungkasnya.

Lihat juga...