YDGRK Siti Hartinah Soeharto Bantu Korban Banjir di Bekasi dan Bogor

Editor: Makmun Hidayat

BEKASI — Bantuan bagi bencana banjir yang melanda berbagai wilayah di Jabodetabek seperti di Kota Bekasi dan Kabupaten Bogor, terus berdatangan dari berbagai pihak mengatasnamakan lembaga, pribadi dan lainnya. 

Yayasan Dana Gotong Royong dan Kemanusiaan (YDGRK) Siti Hartinah Soeharto, pun ikut membantu meringankan beban warga korban bencana melalui pembagian paket sembako bagi korban banjir di beberapa wilayah.

Angky Endrata, staf YDRGK Siti Hartinah Soeharto, ditemui di komplek Cikas Pekayon Jaya usai memberikan langsung bantuan korban banjir, Kamis (9/1/2020). -Foto: M. Amin

Tak tanggung-tanggung, bantuan disalurkan secara serentak di beberapa titik lokasi terdampak banjir meliputi DKI Jakarta, Tangerang, Kabupaten Bogor, Bekasi dan Kota Bekasi.

Bantuan setiap titik ada 200 paket dan dalam satu paket isinya meliputi, lima kilogram beras, dua liter minyak goreng, dua biskuit dan air mineral. Bantuan langsung diterima oleh pengurus RW di komplek terdampak banjir di setiap wilayah kelurahan.

“Bantuan sebenarnya sudah banyak dari awal banjir sampai sekarang, baik dari perorangan, lembaga, yayasan dan lainnya. Tapi bantuan paling banyak ini dari Yayasan Pak Harto ini,” kata Prima, Bendahara RW 24 Perum Cikas, Kelurahan Pekayon Jaya, Kota Bekasi, kepada Cendana News, usai serah terima bantuan, Kamis (9/1/2020).

Komplek Cikas Pekayon Jaya, ada 500 kepala keluarga terdampak banjir, terutama di bagian belakang komplek ketika banjir airnya mencapai seleher orang dewasa. Bantuan tersebut, imbuhnya, akan didiskusikan bersama ketua RW untuk teknis penyalurannya.

Dia mengaku bahwa bantuan tersebut inisiatif dari pihak yayasan langsung untuk membantu korban bencana banjir di Komplek Cikas. Tidak ada link ke YDGRK, tetapi tiba-tiba ada yang telepon dan mengatakan akan menyalurkan bantuan dari Yayasan Bapak Soeharto.

Ibu Prima, Bendahara RW 24 Kelurahan Pekayon Jaya, Kota Bekasi saat ditemui Cendana News, Kamis (9/1/2020). -Foto: M. Amin

Alhamdulillah, sementara bantuan ini akan disimpan dulu karena informasi dari BNPB akan ada banjir susulan karena entitas hujan masih terus mengguyur sampai pertengahan Januari ini,” ucapnya.

Sementara staf YDGRK, Angky Endarta, mengakui bahwa penyaluran bantuan tersebut merupakan inisiatif dari pengurus yayasan yakni Ibu Hj. Siti Hardianti Rukmana atau akrab disapa Ibu Tutut Soeharto bersama Bapak Muhammad Yaman atas dasar kemanusiaan.

“Hari ini YDRGK menyalurkan bantuan serentak di wilayah Jabodetabek, meliputi DKI Jakarta, Tangerang, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi dan Kabupaten. Kebetulan saya kebagian mengurus penyaluran di wilayah Bogor dan Bekasi,” ungkap Angky.

YDRGK, lanjutnya besok, Jumat (10/1/2020) akan menyalurkan bantuan di tiga kecamatan wilayah Lebak, Banten. Bantuan tersebut tidak seberapa hanya untuk meringankan korban bencana, pastinya tidak ada muatan apapun murni atas dasar kemanusiaan niatan dari pengurusan yayasan.

Lihat juga...