1.623 Peserta Tes CPNS di Sikka Lulus SKD

Editor: Makmun Hidayat

MAUMERE — Peserta lulus administrasi dalam tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Sikka, NTT, tahun 2020 sebanyak  5.975 orang. Sementara yang hadir mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) 5.774 orang dan tidak hadir 201 peserta.

Dalam tes yang berlangsung selama 8 hari di SMKN1 Maumere sejak tanggal 30 Januari hingga 6 Februari 2020 tersebut, sebanyak 1.623 orang dinyatakan lulus tes SKD dari 377 formasi yang disiapkan.

“Yang menyangkut kelulusan penetapannya dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) yang diketuai kepala Badan Kepegawain Nasional (BKN,” kata Hendrikus Jon, Kepala Bidang Kepegawaian Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Sikka, Selasa (18/2/2020).

Jon mengatakan, BKD kabupaten hanya menerima hasil kelulusan yang  ditetapkan oleh Panselnas ditindaklanjuti surat keputusan ketua Pansel kabupaten dan menurut penyampaian BKN penetapan kelulusan menunggu setelah semua proses SKD dari seluruh wilayah di Indonesia selesai.

Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), paparnya, diperkirakan bulan Maret 2020 setelah pengumuman kelulusan tes SKD dimana untuk Kabupaten Sikka berjumlah 16.23 orang karena dari setiap formasi sesuai syarat diambil 3 peserta yang nilai tesnya tertinggi.

“Jumlah formasi 377 dimana sesuai aturan diambil 3 peserta rangking terbaik untuk mengikuti tes SKB. Yang lulus SKD tidak menjamin lulus karena nilai tes SKB nya juga harus bagus,” tuturnya.

Penentuan kelulusan, tambah Jon, perhitungannya akumulasi antara nilai SKD dan SKB dimana SKD bobotnya 40 persen dan SKB sebanyak 60 persen baru ditotal dan didapatkan peserta dengan nilai tertinggi.

Kasubid Pengadaan data dan Informasi bidang Pegawaian BKD Kabupaten Sikka, Fransiska Widi menambahkan, setelah mengikuti tes dan diumumkan kelulusannya maka akan ditetapkan melalui surat keputusan BKN.

Sementara PNS yang lulus tahun 2019, kata Fransiska, saat ini sedang menjalani Pelatihan Dasar  (Laksar) di Kupang, ibukota Provinsi NTT dengan menggunakan sistem on-off.

“Sistimnya on-off dimana sebulan di provinsi terus sebulan kembali ke Sikka untuk aktualisasi terus kembali lagi selama sebulan di Kupang,” terangnya.

Untuk diketahui, peserta yang lolos ambang batas harus memenuhi standar nilai yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan 65, Tes Intelegensi Umum 80, dan Tes Karakteristik Pribadi 126, dengan jumlah total nilainya minimal 271.

Selama 8 hari pelaksaan tes SKD yang digelar BKD Kabupaten Sikka, dibagi dalam 40 sesi. Peserta wajib hadir tepat waktu sehingga ada beberapa peserta yang terlambat tidak diperkenakan ikut ujian.

Lihat juga...