4 Peserta CPNS Kejati Jateng Lolos SKD Otomatis

Editor: Makmun Hidayat

SEMARANG — Sebanyak 4 orang dari 1.885 peserta yang mendaftar Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) atau CPNS di wilayah Kejaksaan Tinggi Jateng, dinyatakan lolos Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) secara otomatis.

Hal tersebut dikarenakan, mereka masuk dalam kategori P1/TL sesuai dengan kebijakan pemerintah, yang tertuang dalam Lampiran I Permenpan-RB 23/2019, huruf B, nomor 21. Isi ketentuan tersebut yakni P1/TL adalah peserta seleksi CPNS 2018 yang memenuhi nilai ambang batas (passing grade) Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berdasarkan Permenpan-RB Nomor 37 Tahun 2018.

“Jadi, yang dimaksud dengan kategori P1/TL yakni mereka yang pernah mengikuti seleksi CPNS 2018, tetapi dinyatakan gagal, namun nilai Computer Asisted Test (CAT)-nya lebih dari passing grade pada saat itu, kebijakan pemerintah saat ini yang bersangkutan boleh ikut lagi tanpa tes CAT,” papar Asisten Pembinaan (Asbin) Kejati Jateng, sekaligus Sekretaris Panitia Seleksi CPNS Tingkat Kejati Jateng,  RD Mohammad Teguh Darmawan disela tinjauan lokasi CAT di Hotel UTC Semarang, Selasa (18/2/2020).

Asisten Pembinaan (Asbin) Kejati Jateng, sekaligus Sekretaris Panitia Seleksi CPNS Tingkat Kejati Jateng, RD Mohammad Teguh Darmawan menjelaskan pelaksanaan kegiatan disela tinjauan lokasi CAT di Hotel UTC Semarang, Selasa (18/2/2020). -Foto: Arixc Ardana

Dipaparkan, para peserta yang masuk kategori P1/TL diperbolehkan tidak ikut tes CAT sekarang. Mereka nantinya akan menggunakan hasil tes tahun lalu, namun jika yang bersangkutan ingin mengikuti tes CAT lagi pada tahun 2020, juga diperbolehkan.

“Namun konsekuensinya, nilai yang digunakan merupakan CAT tahun ini. Hasil CAT sebelumnya dianggap gugur. Namun, kesempatnya memilih menggunakan hasil tes tahun lalu,” lanjutnya.

Sementara, sebanyak 1.881 peserta ujian CPNS  yang telah dinyatakan lolos verifikasi administrasi,  kini mengikuti ujian tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) dengan menggunakan sistem CAT, yang digelar pada 17 – 21 Februari 2020  di hotel UTC Jalan Kelud, Gajah Mungkur, Semarang.

“Proses ujian seleksi ini kita bagi dalam 4 sesi dalam sehari, karena jumlah peserta cukup banyak. Satu kali sesi akan dikuti 95 peserta. Di mulai pukul 08.00  WIB sampai selesai. Sekali sesi sekitar 1 jam 30 menit,” katanya.

Menurutnya setelah tes digelar akan ada pengumuman, sehingga, peserta yang dinyatakan lolos tes SKD dapat maju dalam penjaringan tahap selanjutnya, yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

“Tes CAT ini dilakukan secara transparan dan akuntabel, sebab ini hasilnya bisa langsung terpampang dan dilihat semua orang,” tandasnya.

Pihaknya juga mengimbau agar peserta mengikuti tata tertib dengan baik, demi kenyaman bersama.

Lihat juga...