Air Terjun Duo Bidadari Potensial Dikembangkan

PARIT MALINTANG – Pemerintah Nagari Sikucur Utara, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat, mengembangkan objek wisata air terjun Duo Bidadari, guna memanfaatkan potensi daerah untuk peningkatan ekonomi warga setempat.

“Akses menuju lokasi sudah dibuka oleh Kodim 0308 Pariaman beberapa waktu lalu, dan pihak Kodim pun juga membangun toilet dan pos,” kata Wali Nagari Sikucur Utara, Mayunis Alima, di V Koto Kampung Dalam, Minggu (9/2/2020).

Ia mengatakan, sejak akses jalan tersebut dibuka, kunjungan wisatawan di akhir pekan bisa mencapai 200 orang per hari, sehingga memiliki potensi untuk dikembangkan.

Karena itu, tahun ini pihaknya akan membangun tangga di bagian jalan yang terjal, karena saat ini kondisinya masih tanah dan berbatu, sehingga wisatawan kesulitan untuk menuju lokasi.

“Karena kami keterbatasan anggaran, maka tahun ini untuk pembangunan tangga dulu,” katanya.

Ia menyampaikan, ke depan pihaknya akan membangun pondok swafoto serta kolam pemandian, sehingga dapat menampung banyak wisatawan. Bahkan, pihaknya akan membangun sepeda gantung dengan latar air terjun.

Menurutnya, air terjun tersebut akan banyak dikunjungi wisatawan karena air pada objek wisata itu berasal dari pegunungan dan hutan lindung, sehingga masih bersih dan sejuk.

Ia menjelaskan, penamaan dari air terjun Duo Bidadari tersebut karena di objek wisata itu terdapat dua air terjun yang berdekatan, sedangkan penamaan bidadari karena kepercayaan warga setempat, bahwa lokasi itu dulu sebagai tempat pemandian bidadari.

“Hal itu juga diperkuat dengan posisi batu di bawah air terjun yang dapat dimanfaatkan untuk tempat menikmati air yang terjun,” ujarnya.

Ia menyampaikan, untuk mengelola objek wisata itu pihaknya telah membentuk kelompok sadar wisata yang tugas dan segala menyangkut hal tersebut, telah disampaikan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Padang Pariaman, beberapa waktu lalu. (Ant)

Lihat juga...