Ajax Lumat RKC Waalwijk 3-0

Pemain Ajax, Dusan Tadic, melepaskan sepakan penalti ke gawang RKC Waalwijk, di laga pekan ke-23 Liga Belanda di Johan Cruijff Arena pada Minggu (16/2/2020) malam WIB – Foto Ant

JAKARTA – Ajax Amsterdam sukses melumat tim juru kunci RKC Waalwijk 3-0, dalam laga pekan ke-23 Liga Belanda yang berlangsung di Johan Cruijff Arena, Minggu (16/2/2020) malam WIB.

Ajax unggul 1-0 pada babak pertama, lewat sepakan dari titik putih Dusan Tadic, sebelum digandakan Lassina Traore dan Klaas Jan Huntelaar pada babak kedua. Raihan tiga poin itu membuat Ajax (53 poin) kembali memperlebar jarak dengan AZ Alkmaar (47), yang pada pertandingan lebih awal kalah 0-2 dari FC Twente.

Sementara bagi Waalwijk, kekalahan ini semakin membuat mereka terbenam di dasar klasemen yang hanya mengoleksi 12 poin atau terpaut 12 poin dari zona aman. Kehadiran Alan Pardew sebagai arsitek anyar belum menunjukkan tanda-tanda kebangkitan. Melawan tim juru kunci, Ajax langsung menunjukkan dominasinya lewat serangan dari Sergino Desk. Sayang sepakannya melebar tipis dari sisi kanan gawang Etienne Vaesse. Ajax mendapat hadiah penalti pada menit ke-12, setelah Donny van de Beek dilanggar Hans Mulder.

Dusan Tadic yang maju sebagai eksekutor tidak menyia-nyiakan peluang tersebut untuk membawa Ajacieden unggul 1-0. Gol itu menjadi pelecut Ryan Babel dan kawan-kawan untuk terus membombardir pertahanan Waalwijk. Dalam tempo 15 menit, mereka mampu menciptakan dua peluang berbahaya sepakan dari Ryan Babel dan Lassina Traore menyamping tipis. Pada babak kedua, Ajax mampu menggandakan keunggulan lewat sontekan Lassina Traore enam menit setelah babak kedua dimulai.

Berawal sodoran Donny van de Beek dari sisi kiri, Traore yang berlari tanpa pengawalan berarti tinggal meneruskan umpan Donny. Sembilan menit berselang, Ryan Babel hampir memperbesar kedudukan, jika sepakan kaki kanan tidak melebar tipis di sisi kiri gawang Waalwijk.

Sementara tim tamu kesulitan, bahkan untuk melepaskan sepakan mengarah ke gawang. Klaas Jan Huntelaar yang masuk pada babak kedua, membawa Ajax unggul 3-0. Skema gol ketiga Ajax hampir sama dengan gol kedua, saat Nicolas Tagliafico mengirim umpan silang yang tinggal disosor Huntelaar. (Ant)

Lihat juga...