BATAN Lanjutkan Coring di Batan Indah Serpong

Redaktur: Muhsin E Bijo Dirajo

JAKARTA — Sejak hari Senin (24/2), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) menyatakan masih terus melakukan griding dan coring pada hari ke-11 ini dan dilakukan pengiriman sisa tanah pengerukan ke Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR).

Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama BATAN Heru Umbara saat menemui awak media, Selasa (18/2/2020) – Foto Ranny Supusepa

Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama BATAN, Heru Umbara menyampaikan, hingga Selasa (25/2) sore, sudah dilakukan coring (pengeboran) pada empat titik.

“Tiga titik telah dilakukan coring dengan kedalaman 1 meter dan 1 titik kedalaman 60 cm untuk diambil tanahnya dan dianalisis di laboratorium,” kata Heru saat dihubungi, Rabu (26/2).

Metode coring ini, menurutnya, dipergunakan dengan tujuan untuk efektivitas dan efisiensi dalam melakukan clean up.

“Sampel tanah yang diambil melalui coring ini untuk mengetahui sisa paparan yang ada di dalam tanah dengan kedalaman 1 meter, dimana setiap 20 cm akan diambil sampel tanahnya,” urainya.

Jadi, untuk mendapatkan sampel tanah hingga kedalaman 1 meter, setiap titik akan dilakukan pengeboran 5 tahap, dimana setiap 20 cm dilakukan pengambilan sampel tanah.

Heru menyampaikan bahwa coring akan dilakukan pada 12 titik dan selanjutnya akan dilakukan pengerukan tanah kembali dengan kedalaman sesuai hasil analisis dari sampel tanah pada saat coring.

“Pada pagi ini (26/02) akan dilakukan proses coring lanjutan. Selain itu juga akan dilakukan pengangkutan sisa tanah hasil pengerukan sebelumnya dan dikirim ke Pusat Teknologi Limbah Radioaktif di BATAN,” pungkasnya.

Lihat juga...