Bekasi Dikepung Banjir, 50 Persen Sekolah Libur

Redaktur: Muhsin E Bijo Dirajo

BEKASI — Hujan sejak dini hari Selasa (25/2/2020) membuat Kota Bekasi, Jawa Barat lumpuh dan sekolah meliburkan kegiatan belajar mengajar.

“Ada 50 persen sekolah meliburkan kegiatan belajar mengajar di wilayah Kota Bekasi karena banjir yang melanda. Tentu tidak mempersoalkan karena alasannya tepat,” ungkap Inayatullah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Kepada Cendana News, Selasa (25/2/2020).

Dikatakan bahwa banjir melanda wilayah Kota Bekasi hampir merata di seluruh wilayah. Alasan tersebut Inay, tidak mempersoalkan sekolah meliburkan kegiatan belajar mengajar jika sekolah banjir atau akses menuju sekolah sulit dilalui.

Menurutnya tidak mungkin jika lokasi sekolah mengalami banjir kemudian memaksakan kegiatan belajar mengajar.

“Lebih efektif belajar di rumah. Yang tahu persis itu sekolah, saya silahkan sekolah meliburkan kegiatan belajar mengajar jika akses sulit dan banjir,”ujarnya mengakui banjir merata melanda Kota Bekasi.

Lebih lanjut dikatakan bahwa jumlah sekolah SMP dan SD yang sudah melaporkan meliburkan KBM mencapai 50 persen. Dia juga menyebut banyak sekolah swasta juga meliburkan kegiatan belajar mengajar karena banjir.

Penjaga Sekolah SMP Negeri 9 Jatiasih Kota Bekasi, Hendri mengatakan libur sudah diumumkan di grup sekolah karena banjir.

“Ini sudah libur dari pagi tadi tidak ada aktivitas belajar. Sudah diumumkan di grup sekolah ,”ujar Hendri ditemui Cendana saat bersih-bersih sekolah.

Menurutnya banjir karena hujan semalam di Bekasi hampir sama dengan awal tahun 2020. Tapi ini tidak sampai merusak dokumen sekolah, meskipun air masuk ke lokal kelas dan perkantoran.

Hendri mengatakan SMP Negeri 9 Jatiasih memang langganan banjir. Tapi ini hampir sama dengan banjir awal tahun lalu. Sehingga pihak sekolah sepertinya berinisiatif meliburkan kegiatan belajar mengajar.

Terpisah Kepala Sekolah SD Negeri Margahayu IX mengakui hal sama. Menurutnya sekolah terpaksa diliburkan karena selain sekolah banjir juga akses sekolah banyak mengalami banjir.

“Margahayu inikan wilayah langganan banjir. Apa lagi SD hujan sedikit saja air masuk ke lokal, apalagi ini hujan dari malam dengan entitas tinggi,”ungkap Nasan.

Pantauan Cendana News, banyak siswa SD yang terpaksa datang ke sekolah hanya bermain dihalaman sekolah yang dilanda banjir tersebut. Akses menuju sekolah SD Negeri Margahayu IX pun terputus akibat banjir melanda komplek sekitar lokasi sekolah. Hujan hingga kini masih melanda wilayah Kota Bekasi.

Lihat juga...