Berkat Damandiri, Koperasi Ini Mampu Manfaatkan Teknologi Digital

Editor: Makmun Hidayat

YOGYAKARTA — Terletak di desa terpencil ujung selatan Kabupaten Gunungkidul, Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit binaan Yayasan Damandiri memang terlihat jauh berbeda dibandingkan koperasi pada umumnya. 

Meski baru didirikan sekitar tahun 2018 lalu, Koperasi Unit Desa ini telah mampu menunjukkan kontribusi besarnya untuk turut memajukan perekonomian Desa Krambilsawit. Hal itu tak lepas karena pengelolaan koperasi yang modern dan profesional.

Manajer Usaha Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit, Emi Malina, -Foto: Dok CDN/Jatmika H Kusmargana

Tak hanya berisi pengurus yang seluruhnya merupakan anak-anak muda desa setempat, Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit juga memiliki berbagai program kekinian yang secara langsung memberikan dampak positif bagi warga.

Salah satu keunggulan Koperasi yang menjadi pelaksana program Desa Cerdas Mandiri Lestari dari Yayasan Damandiri ini adalah pemanfaatan teknologi digital dalam menjalankan setiap kegiatan koperasi.

Manajer Usaha Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit, Emi Malina, mengatakan, sejak awal tahun 2019 lalu, Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit telah menerapkan software aplikasi SAKTI untuk mendata serta melayani anggotanya.

Menurutnya, aplikasi SAKTI yang dirancang Yayasan Damandiri ini sangat membantu dalam berbagai hal pengelolaan koperasi, menjadi lebih efisien, dan efektif.

“Sejak awal 2019 kita sudah gunakan Aplikasi SAKTI. Penggunaan aplikasi ini jelas sangat membantu dalam melakukan pendataan anggota, menjalankan program, hingga membuat laporan keuangan,” ungkapnya, belum lama ini.

Dengan aplikasi ini, para pengurus koperasi dikatakan lebih mudah melakukan pendataan sekaligus kontrol. Pasalnya setiap data anggota langsung terhubung secara online. Sehingga setiap perubahan ataupun tindakan bisa langsung terlihat oleh pengurus.

“Keuntungannya semua pengelolaan jadi lebih mudah. Ngirit kertas (paperless). Karena pakai aplikasi online. Jika ada pengajuan pinjaman dari anggota, kita tinggal masukkan data, dan melakukan verivikasi. Itu bisa dilakukan dari kantor. Sehingga begitu selesai, kita tinggal memberi kabar ke untuk mengantar dana pencarian ke kelompok. Jadi jauh lebih praktis,” ungkapnya.

Lihat juga...