BPP Kendari Dorong Produktivitas 50 Pelaku UMKM

KENDARI  – Balai Peningkatan Produktivitas (BPP) Kendari, Sulawesi Tenggara, mendorong produktivitas dan daya saing 50 pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dan perusahaan yang ada di Kota Kendari.

Kepala BPP Kendari, Andi Asriani Koke, mengatakan, pelaksanaan kegiatan pelatihan peningkatan produktivitas tersebut diikuti oleh UMKM yang ada di Kota Kendari, termasuk alumni dari Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari.

“Jadi untuk peserta kita kerjasama dengan asosiasi-asosiasi UKM, kemudian ada dari Kadin, Apindo, kemudian dari Yayasan, serta alumni BLK Kendari juga mengikuti pelatihan ini, dengan jumlah peserta ada 50 orang,” katanya, Sabtu.

Selain itu, ia juga mengungkapkan, para peserta pelatihan tersebut diajarkan bagaimana bekerja sama dengan baik dalam tim sehingga bisa meningkatkan omzet dan meningkatkan daya saing.

“Mereka diajak untuk bekerja dalam satu tim. Kerjasama dalam satu tim dalam rangka meningkatkan produktivitasnya. Nah kerjasama itu diajarkan strategi-strategi peningkatan produktivitas, bagaimana cara bekerjasama untuk mencapai tujuan dari perusahaan itu, tentunya yang dituju omzet yang semakin besar,” ujarnya.

Menurut Andi Asriani, dengan meningkatnya omzet para pelaku UMKM, maka dapat menyerap tenaga kerja bagi perusahaan tersebut, dan tentu dapat menekan angka pengangguran di Kota Kendari.

“Yang kita harapkan tentunya ada peningkatan kapasitas, kualitas SDM di dalam meningkatkan kinerja perusahaan dan untuk berdaya saing. Selain itu kita harapkan dapat meningkatkan kompetensi wirausaha baru dan pencari kerja. Kemudian perusahaan juga mampu melakukan rencana perbaikan produktivitas,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...