BRG Siapkan Sekat Kanal untuk Hadapi Kemarau Riau

Redaktur: Muhsin E Bijo Dirajo

Kepala BRG Nazir Foead saat ditemui di salah satu acara di Jakarta, beberapa waktu lalu - Foto Ranny Supusepa

JAKARTA — Melakukan pemeliharaan sekat kanal yang sudah dan membangun sekat kanal baru, diungkapkan Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG) Nazir Foead sebagai kebijakan dalam menghadapi kemarau awal di Provinsi Riau dan sekitarnya.

“Selain melakukan langkah tersebut, kami meminta semua unsur pemerintah, swasta dan masyarakat untuk terus waspada,” katanya saat dihubungi Kamis pagi (13/2/2020).

Nazir menyampaikan pada tahun 2019 sudah dilakukan pembangunan 300 sumur bor dan pembangunan 250 sekat kanal.

“Untuk sumur bor berlokasi di empat KHG yaitu Kabupaten Kampar Indragiri Hilir, Pelalawan dan Rokan Hilir,” ujarnya.

Sementara sekat kanal berlokasi di tujuh KHG, yaitu Kabupaten Bengkalis, Kampar, Indragiri Hulu, Pelalawan, Rokan Hilir dan Siak.

“Sekat kanal harus terus dibangun, dan yang sudah terbangun juga perlu dipelihara agar bisa berfungsi optimal dalam pembasahan gambut,” ucapnya lebih lanjut.

Pada tahun ini, ia mengungkapkan pembangunan sedang dipercepat yaitu untuk 125 sumur bor dan 135 sekat kanal.

“Untuk Riau di tahun 2020 ini, akan ada pembangunan di empat kabupaten. Yaitu Rokan Hulu, Pelalawan, Rokan Hilir dan Rokan Hulu,” urainya.

Lokasi pembangunan Rokan Hulu meliputi 25 sumur bor dan lima sekat kanal di KHG Sungai Rokan Kiri – Sungai Batang Sosa.

Untuk Kabupaten Pelalawan akan dilakukan di KHG Sungai Kiyap-Sungai Kerumunan dengan jumlah sumur bor 25 dan sekat kanal 90 dan KHG Sungai Gongan-Sungai Nilo dengan jumlah sumur bor 25 dan sekat kanal 10.

“Di Kabupaten Rokan Hilir, berlokasi di KHG Sungai Rokan-Sungai Kubu dengan jumlah sumur bor 25 dan sekat kanal 20. Sementara di Kabupaten Rokan Hulu, yaitu di KHG Sungai Bangko-Sungai Rokan Kanan akan dilakukan pembangunan sumur bor 25 dan sekat kanal 10,” papar Nazir.

Nazir menyampaikan bahwa akan ada bantuan dari Kementerian PUPR.

“Sedang kami bahas lokasi dan jumlahnya,” pungkasnya.

Lihat juga...