Bupati Bangka Tengah Minta BUMDES Gerakkan Ekonomi Warga

KOBA – Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh, meminta Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) mampu menjadi motor penggerak roda perekonomian masyarakat desa.

“Bumdes sebagai motor penggerak roda perekonomian mestinya mampu menggali potensi desa dalam rangka mendatangkan keuntungan,” ujarnya saat membuka acara pelatihan Manajemen Pengurusan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) berbasis e-marketing kepada 56 desa, Jumat.

Ia menjelaskan, Bumdes harus berpikir bagaimana mengangkat potensi daerah dan inventarisasi produk masyarakat yang ada di desa.

“Produk yang ada di Bangka Tengah cukup bervariasi, maka Bumdes harus mengambil peran dan berpikir bagaimana cara memasarkan produk desa hingga keluar daerah,” ujarnya.

Ia mengatakan, Badan Usaha Milik Desa harus membantu memasarkan produk kreatif yang berkembang di tengah masyarakat.

“Produk yang berkembang di masyarakat sangat banyak, maka tugas Badan Usaha Milik Desa untuk memasarkan melalui e-Marketing,” ujarnya.

Ia mengatakan, Bumdes bisa mengangkat produk unggulan desa untuk dipasarkan hingga keluar daerah yang nantinya bisa mendatangkan keuntungan bagi masyarakat.

“Jadikan Badan Usaha Milik Desa sebagai kekuatan ekonomi masyarakat dan desa,” ujarnya. (Ant)

Lihat juga...