Danny dan Raiyah Sah sebagai Suami-Istri

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Bimo Hendro Utomo atau Danny Rukmana, cucu Presiden ke-2 RI, H.M Soeharto, dengan Raiyah Chitra Caesaria, telah resmi menjadi pasangan suami istri. Keduanya melakukan ijab kabul di Hotel Mulia, Jalan Asia Afrika Senayan, Jakarta, Sabtu (15/2/2020).

Ijab kabul yang berlangsung dilaksanakan melalui prosesi adat Bugis-Makassar. Danny Rukmana mengenakan pakaian pengantin khas Bugis Makassar dalam prosesi akad nikah. Semua keluarga baik mempelai pria dan wanita, semua juga mengenakan pakaian adat suku Bugis.

Akad nikah berjalan lancar. Danny Rukmana hanya satu kali tarikan nafas mengucap akad dan langsung dinyatakan sah oleh saksi dan semua keluarga yang menyaksikan. Prosesi ijab kabul sendiri dipimpin oleh Penghulu dari KUA Tanah Abang, Sukana.

Suasana akad nikah Danny Rukmana dan Raiyah Chitra Caesaria di Hotel Mulia, Jakarta, Sabtu (15/2/2020) – Foto: Muhammad Amin

“Saya terima nikahnya Raiyah Chitra Caesaria binti Andi Darussalam Tabusalla dengan mas kawin tersebut dibayar tunai,” ucap Danny dalam satu tarikan napas.

Danny Rukmana, diketahui memberikan mahar sebagai mas kawin berbentuk emas 20.2 gram dan uang 88 real. Saksi pernikahan Danny Rukmana dan Raiyah Chitra Caesaria ialah mantan Wakil Presiden, Try Sutrisno.

Pernikahan langsung dipimpin ayah Raiyah, Andi Darussalam Tabusalla, selaku wali nikah. Usai ikrar ijab kabul Danny langsung mengikuti prosesi acara adat menjemput pengantin perempuan yang telah resmi menjadi istrinya yakni Raiyah Chitra Caesaria.

Danny Rukmana harus mengikuti adat ketuk pintu sebelum menjemput istrinya dalam prosesi adat Bugis. Istilah itu dalam suku Bugis disebut Mappasikarawa, dia harus mengetuk pintu selama tiga kali.

Dalam tradisi Bugis-Makassar, pintu menuju kamar mempelai wanita biasanya terkunci rapat. Kemudian terjadi dialog singkat antara pengantar mempelai pria dengan penjaga pintu kamar mempelai wanita.

Setelah mempelai pria diizinkan masuk, kemudian diadakan acara Mappasikarawa (saling menyentuh). Tapi sebelumnya ada amplop yang dibagikan sang suami sebagai pana’i pintu pertama 10, kedua 15 dan ketiga 20. Hal tersebut bermakna agar kehidupannya terus naik dan meningkat dalam segala hal.

Banyak prosesi adat yang diikuti usai akad nikah dilaksanakan hingga penghujung prosesi adat ada Maparola, dimana suami membawa istri bertemu orang tuanya dengan memberikan sarung.

Mbak Tutut Soeharto mendampingi kedua pengantin selama prosesi akad nikah berlangsung di Hotel Mulia, Jakarta, Sabtu (15/2/2020) – Foto: Muhammad Amin

Dalam adat tersebut terlihat Raiyah istri Danny, memberikan bingkisan sarung kepada ibunda mertuanya, Mbak Tutut Soeharto.

Masih ada acara resepsi pernikahan yang dilaksanakan di tempat yang sama di Hotel Mulia, bilangan Senayan, Jakarta, nanti malam.

Lihat juga...