Danny Rukmana Baca Surat Al Ikhlas Tiga Kali

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Danny Bimo Hendro Utomo (Danny Rukmana) membaca surat Al Ikhlas sebanyak tiga kali saat prosesi Khatmul Quran (pembacaan ayat-ayat suci Alquranul Karim 30 juz), menyambut resepsipernikahannya bersama Raiyah Chitra Caesaria, gadis asal Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (13/2/2020).

Sebelumnya, prosesi pernikahan cucu Presdien ke-2 RI, HM Soeharto, Danny Rukmana-Raiyah, pada hari hari pertama ini dimulai dengan pemasangan bleketepe dan tuwuhan oleh ayahanda, Indra Rukmana.

Khatmul Quran dilaksanakan oleh jemaah Institut Ilmu Alquran (IIQ), bersama beberapa jemaah pengajian lainnya yang memiliki tajwid dan fasih dalam membaca ayat suci Alquran.

“Kahtmul Quran dengan membaca 30 juz dibagi atas 30 orang. Satu orang satu juz, kalau satu orang baca 30 juz kan lama waktunya. Insyaallah pahalanya tetap sama,” ungkap Farida Surya Maftuh, Koordinator khatmul quran di acara prosesi pernikahan Danny-Raiyah dikediaman ibunda, Siti Hardijanti Rukmana (Tutut Soeharto), jalan Yusuf Adiwinata, Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Farida Surya Maftuh, Koordinator Khatmul Quran di acara prosesi pernikahan Danny Rukmana dan Raiyah Chitra Caesaria, di jalan Yusuf Adiwinata, Jakarta, Kamis (13/2/2020). –Foto: M Amin

Dikatakan, bahwa dalam Keluarga Cendana, dalam menyambut apa pun selalu dimulai dengan khatamul quran. Dia mencotohkan, seperti acara tujuh bulanan, menyambut kelahiran cucu atau lainnya. Sebelumnya diawali dengan doa yang ditujukan bagi pinisepuh, dalam hal ini almarhumah HM Soeharto dan Ibu Tien Soeharto.

“Semua giat tersebut tak lain untuk mengharap kelancaran dan ridho dari Allah SWT, untuk mempermudah semua giat yang dilaksanakan, sehingga bisa mendapat barokah,” ucap Farida Surya.

Dia menyebutkan, dari grup pengajian yang dikoordinatorinya selalu melibatkan tuan rumah untuk ikut membaca ayat suci Alquran. Seperti membaca surat Al Ikhlas sebanyak tiga kali.

“Tadi kita libatkan Mas Danny, selaku pemilik hajat yang didoakan, agar menjadi keluarga sakinah, mawaddah dan diberkahi, ikut membaca surat Al-Ikhlas sebanyak tiga kali. Insyaallah pahalanya sama dengan kahtmul quran,” tambahnya, semabri menegaskan, bahwa surat Al Ikhlas dalam acara ini hanya khusus dibaca oleh Danny Rukmana.

Dia mengharapkan melalui khatmul quran, pernikahan Danny- Raiyah bisa langgeng dan diberkahi.”Semoga kedua mempelai bisa menjadi keluarga yang diberkahi oleh Allah SWT,” pungkasnya.

Khatamul quran berlangsung hingga Tutut Soeharto bersama suami Indra Rukmana, kembali dari menghadiri pencatatan nikah di Hotel Heritage Jakarta. Pencatatan nikah berjalan lancar, dan semua persyaratan terpenuhi.

Lihat juga...