Desa Kampung Baru Lamsel Dijadikan Kampung Tertib Lalu Lintas

Editor: Makmun Hidayat

LAMPUNG — Upaya mengedukasi masyarakat tertib berlalu lintas dilakukan oleh Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lampung Selatan (Lamsel dengan menggagas kampung tertib lalu lintas.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Lamsel, AKP Agustinus Rinto, SE MH menyebut Kampung Baru di Kecamatan Penengahan dipilih sebagai kampung tertib lalu lintas.

Desa di kaki Gunung Rajabasa yang dilintasi jalan provinsi tersebut dipilih untuk meningkatkan keselamatan berlalu lintas. Sejumlah langkah telah dilakukan oleh Satlantas Polres Lamsel dengan membuat fasilitas pendukung tertib lalu lintas. Koordinasi dengan Desa Kampung Baru dilakukan dengan pembuatan rambu rambu, gerbang kampung tertib lalu lintas, perpustakaan dan fasilitas lain.

Kasatlantas Polres Lampung Selatan,AKP Agustinus Rinto saat peninjauan tim asistensi kampung tertib lalu lintas di Desa Kampung Baru,Kecamatan Penengahan Lampung Selatan, Selasa (18/2/2020). -Foto: Henk Widi

Kasatlantas menambahkan sejumlah fasilitas penanda kampung tertib berlalu lintas diharapkan bisa diikuti desa lain. Pembentukan kampung tertib lalu lintas menurutnya menjadi cara mengedukasi masyarakat demi terciptanya keamanan, ketertiban dan keselamatan berlalu lintas. Pilihan di Kampung Baru menurutnya akan berkelanjutan melibatkan generasi muda, siswa sekolah dan sejumlah unsur terkait.

“Kampung tertib lalu lintas pada level desa menjadi contoh bagi desa lain dan menjadi pendukung ketertiban hingga level yang lebih tinggi sehingga kepatuhan berlalulintas sesuai aturan bisa diterapkan,” terang AKP Agustinus Rinto di Balai Desa Kampung Baru, Selasa (18/2/2020).

Sarana edukasi di kampung tertib lalu lintas menurutnya bisa diterapkan dalam sejumlah aturan. Sebab meski berkendara di kampung namun masyarakat tetap harus mematuhi tata tertib berlalu lintas.

Selain menekan angka kecelakaan lalu lintas edukasi melalui kampung tetib berlalu lintas akan menanamkan kepatuhan sejak dini. Pelibatan sejumlah siswa tingkat SMP hingga SMA menjadi cara menanamkan kepatuhan berlalu lintas sejak dini.

Ketua tim asistensi Kampung Tertib Lalu Lintas dari Ditlantas Polda Lampung, Kompol Hapran Rambank menyebut kampung tertib lalu lintas sangat penting. Sebab tujuan pemilihan bertujuan agar masyarakat di desa tersebut menjadi contoh bagi desa yang lain. Pada wilayah Polda Lampung sejumlah tim asistensi akan melakukan penilaian pada sejumlah kampung di 15 Polres.

“Pembentukan kampung tertib lalu lintas sekaligus  menjadi cara mengajak masyarakat meminimalisir kecelakaan,” beber Kompol Hapran Rambank.

Perpustakaan di Desa Kampung Baru mendukung kegiatan kampung tertib lalu lintas, Selasa (18/2/2020). -Foto: Henk Widi

Pada asistensi kampung tertib lalu lintas ia menyebut sejumlah kriteria akan dinilai. Saat datang di Kampung Baru ia menyebut fasilitas yang disediakan cukup mendukung. Sejumlah fasilitas tersebut diantaranya gerbang tertib lalu lintas, banner imbauan, poskamling, perpustakaan. Fasilitas perpustakaan yang disediakan desa diakuinya membantu anak anak membaca buku pentingnya tertib berlalu lintas.

Ia berharap adanya kampung tertib berlalu lintas bukan sekedar penilaian. Melalui pemilihan kampung tertib lalu lintas diharapkan kesadaran masyarakat memakai helm,membawa surat kendaraan semakin meningkat. Desa Kampung Baru menurutnya akan menjadi contoh bagi desa yang lain agar menciptakan desa yang aman, lancar dan tertib berlalu lintas.

Kepala Desa Kampung Baru, Efendi menyebut mengapresiasi pemilihan desanya sebagai kampung tertib berlalu lintas. Melalui pencanangan tersebut bagi masyarakat di desanya bisa lebih meningkatkan kesadaran untuk tertib berlalu lintas. Sebab masyarakat perlu diedukasi untuk bisa menjaga keamanan ketertiban dan keselamatan berlalu lintas di jalan raya.

“Edukasi kepada masyarakat sangat penting karena selama ini tingkat kesadaran masyarakat berlalu lintas perlu ditingkatkan,” beber Efendi.

Secara teknis ia berharap melalui kehadiran tim asistensi kampung tertib lalu lintas masyarakat bisa menjadi percontohan. Sebab dari sebanyak 260 desa yang ada di Lamsel Desa Kampung Baru dipilih sebagai kampung tertib berlalu lintas. Sejumlah sosialisi yang dilakukan oleh Satlantas Polres Lamsel dan Ditlantas Polda Lampung diharapkan bisa cikal bakal tertib lalu lintas di kampung yang lain.

 

Lihat juga...