Di 2019, Investasi di Karawang Didominasi PMA

 Aktivitas pembangunan pabrik di Karawang, Jawa Barat – Foto Ant.

KARAWANG – Investasi yang masuk ke wilayah Karawang, Jawa Barat, sepanjang Januari hingga Desember 2019 didominasi Penanaman Modal Asing (PMA).

“Realisasi PMA selama 2019 mencapai Rp21,324 triliun,” kata Kepala Seksi Data Bidang Pengawasan dan Pengendalian Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Karawang, Oktaf Hariadji, Senin (10/2/2020).

Realisasi investasi dari PMA itu jauh lebih tinggi, dibandingkan dengan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN). Tercatat investasi dalam negeri hanya mencapai Rp 2,927 triliun. Untuk jumlah proyek dari investasi PMA dan PMDN yang masuk ke Karawang di 2019 mencapai 1.916 kegiatan. Dan untuk PMA, ada lima negara yang mendominasi investasi yakni, China, Jepang, Belanda, Singapura dan Korea Selatan.

Sementara, sektor yang paling banyak menarik investor adalah, transportasi, gudang dan komunikasi. Kemudian sektor perumahan, kawasan industri dan perkantoran. Selanjutnya di bidang listrik, gas dan air. Lalu bidang kontruksi, serta investasi bidang otomotif. (Ant)

Lihat juga...