Flu Babi Jadi Penyebab Pasien ‘Suspect’ Covid-19 Meninggal

Editor: Makmun Hidayat

SEMARANG — RSUP dr Kariadi Semarang memastikan pasien pria yang meninggal pada Minggu (23/2/2020) lalu, setelah menjalani karantina Covid-19, disebabkan karena terinfeksi virus H1N1 atau Flu Babi.

“Hasil lab Litbangkes, menyatakan pasien tersebut negatif corona, namun ada virus influenza tipe A, yakni H1NI  yang berada di paru-paru pasien. Virus ini biasa dikenal dengan istilah Flu Babi,” jelas Dokter Penanggung Jawab Pasien RSUP dr Kariadi, dr Fathur Nurcholis SpPD-KP di rumah sakit tersebut, Kamis (27/2/2020).

Ditandaskan, hasil diagnosa dari Litbangkes tersebut diterima pada Rabu (26/2/2020) malam. Diperkirakan, pasien tersebut tertular virus Flu Babi saat berada di Spanyol.

Lebih jauh, Fathur mengatakan Flu Babi merupakan virus yang pernah mewabah pada kisaran tahun 2009 hingga 2010. Namun, meski masa pandeminya sudah lewat, virus tersebut masih bisa ditularkan melalui udara.

Meski demikian, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tidak perlu panik terhadap hal tersebut. “Jaga daya tahan tubuh, perkuat imun agar tidak mudah terserang virus atau jenis penyakit lainnya. Ini menjadi upaya pencegahan yang bisa kita lakukan,” terangnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pihak RSUP dr Kariadi Semarang memastikan, satu orang pasien suspect corona, yang meninggal dunia pada Minggu (23/2/2020), bukan disebabkan virus corona atau Covid-19.

Direktur Medik dan Keperawatan RSUP dr Kariadi Semarang, dr Agoes Oerip Purwoko SpOG(K) MARS, mengatakan pasien yang dimaksud tersebut WNI pria berusia 37 tahun.

Sebelumnya, dia melakukan perjalanan dari Spanyo l-Dubai-Jakarta-Semarang, sebelum dirawat di ruang isolasi di RSUP dr Kariadi.

“Pasien datang mengeluhkan sesak napas, batuk, dan demam. Kita lakukan observasi, dan masuk kategori pasien dalam pengawasan (PDP). Masuk hari Kamis (19/2/2020), namun kemudian pasien meninggal dunia pada Minggu (23/2/2020),” paparnya, saat ditemui di RSUP dr Kariadi Semarang, Rabu (26/2/2020) siang.

Lihat juga...