Gus Sholah Dikabarkan Dimakamkan di Komplek Pesantren

Mendiang Pengasuh PP Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, KH Sholahudin Wahid – Foto Ant

JOMBANG – Ribuan santri dari Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, berduka dengan wafatnya pengasuh mereka yang juga tokoh nasional KH Sholahudin Wahid atau Gus Sholah, Minggu (2/2/2020) malam.

“Tadi itu para santri diminta untuk istigatsah dan kataman (Kitab Suci Al-Quran) setelah Magrib, menyusul ada kabar Gus Sholah tadi kritis. Mendoakan untuk kesembuhan beliau. Baru dapat informasi sekitar jam 21.00 WIB beliau wafat,” kata Azwani, salah seorang pengurus PP Tebuireng, Kabupaten Jombang, Minggu (2/2/2020) malam.

Saat ini, pengurus sedang persiapan untuk rencana pemakaman Gus Sholah. Kabarnya, pemakaman akan dilakukan di area makam yang berada di kompleks pesantren, bersama dengan ayahandanya, KH Wahid Hasyim, kakeknya yakni KH Hasyim Asy’ari, kakaknya yang juga mantan Presiden yakni KH Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur. “Untuk pemakaman memang dari keluarga, tapi informasinya dimakamkan di makam kompleks pondok, dekat dengan makam ayah dan kakeknya,” ungkapnya.

Untuk saat ini, belum dilakukan persiapan khusus untuk pemakaman seperti penggalian makam. Dari pengurus pondok juga masih menunggu instruksi lebih lanjut dari pihak keluarga.

Lihat juga...