Hujan Persulit Budi Daya Bayam di Bekasi

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Memasuki musim hujan, budi daya bayam cabut mengalami kesulitan. Jika perawatan lalai, bayam akan busuk dan gagal panen akibat terlalu banyak air. Sementara, saat ini harga bayam cabut di sejumlah  pasar tradisional wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat, tengah mengalami lonjakan, karena langka. 

“Harga bayam saat ini mencapai Rp30 ribu per satu gabung berisikan 20 ikat,” kata Hendar, petani budi daya sayuran di Kota Bekasi, Senin (24/2/2020).

Dia mengaku harus melalui teknik khusus untuk budi daya bayam saat musim hujan seperti sekarang. Salah satu caranya dengan meninggikan galengan tempat media bayam cabut.

Menurutnya, musim hujan memang kurang cocok untuk budi daya tanaman cabut seperti kangkung dan bayam. Namun Hendar yang telah puluhan tahun menekuni budi daya aneka jenis tanaman sayur mengaku memiliki strategi sendiri.

Terutama pupuk harus tidak berlebihan. Pada musim hujan, pupuk lebih dibanyak menggunakan pupuk kandang, seperti limbah kotoran ayam dicampur kulit padi.

“Tidak hanya bayam, kangkung juga sebenarnya tidak tahan hujan. Lebih bagus di musim panas. Tapi, risikonya harus melakukan penyiraman setiap hari, kalau musim hujan begini, risikonya tanaman busuk,” ujarnya.

Dia memperlihatkan tanaman kangkung yang dibudidayakan di musim hujan yang hasilnya tidak maksimal. Banyak daunnya keriting, karena kelebihan air.

“Harga kangkung juga lagi bagus, sekarang Rp30 ribu per kilogram. Satu kilogram ada sekira 200 ikat. Harga bibit kangkung cabut per kilogram Rp30 ribu,”jelasnya.

Hendar mengaku, budi daya tanaman sayuran seperti kangkung dan bayam cabut di beberapa lokasi di atas lahan yang tidak difungsikan di Kota Bekasi.

“Saya ada dua tempat sentra bayam ,kami gunakan lahan di pinggir pintu masuk tol Bekasi Timur. Satu lagi di Kampung Babakan Mustikajaya,”u jar Hendar, saat ditemui Cendana News di Lampung Babakan, Mustikasari.

Dia mengaku mengirim hasil budi daya sayuran seperti kangkung dan bayam di pasar tradisional Jatimulya, Bekasi. Untuk kangkung dari awal tanam selama 25 hari akan panen.

Lihat juga...