Indonesia Percepat Pencapaian Target SDGs

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, meluncurkan program ‘Partnering for Green Growth and Global Goals (P4G) National Platform’, untuk memberi kesempatan bagi sektor swasta dan masyarakat berkolaborasi dengan pemerintah, dalam mencapai target pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs).

“Sejauh ini, progres SDGs kita membaik. Sekarang kita berada di rangking 102. Kita ingin lebih naik lagi, karena itu kita berharap bisa berkolaborasi dengan banyak pihak,” kata Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, di Kantor Bappenas, Jakarta, Senin (24/2/2020).

Bappenas juga menggandeng Denmark dan Korea Selatan (Korsel) untuk lebih mengakselerasi target SDGs. Menurut Suharso, kedua negara tersebut memiliki pengalaman yang bisa diimplementasikan di Indonesia.

“Kita akan belajar dari dua negara ini untuk mempercepat proses pencapaian SDGs di Indonesia,” ujarnya.

Ada pun sektor kerja sama yang akan dikolaborasikan ketiga negara tersebut, antara lain pengelolaan air, energi, perkotaan dan limbah sampah.

“Kita kan menargetkan gas rumah kaca mencapai 27 persen di 2024. Segala daya upaya untuk sampai ke situ kita lakukan. Kemudian listrik, kita coba dengan bauran energi yang lebih besar lagi. Kita berusaha bisa mencapai 23 persen untuk renewable energi,” jelas Suharso.

Di tempat yang sama, Menteri Lingkungan Hidup Denmark, Lea Wermelin, mengaku senang dapat berkolaborasi dengan Indonesia. Dia meyakini, kolaborasi adalah kunci kesuksesan mencapai SDGs.

“Kami senang sekali. Perkembangan P4G di berbagai negara memang menunjukkan nilai tambah, yaitu mengedepankan kerja sama dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Kehadiran P4G di Indonesia melalui Kementerian PPN/Bappenas, secara langsung menghubungkan Indonesia dengan negara mitra-mitra P4G lainnya, termasuk Denmark, dalam mencapai tujuan pembangunan global,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Menteri Lingkungan Hidup Korsel, Cho Myung-Rae. Menurutnya, P4G ini akan memberikan dampak positif bagi negara-negara yang terlibat.

“Pada Juni 2020 nanti, kami akan menyelenggarakan P4G Summit di Seoul, sehingga terbentuknya inisiatif ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan hubungan kerja sama antara Republik Korea dengan Indonesia, khususnya dalam mendorong implementasi kemitraan-kemitraan dukungan P4G,” jelasnya.

Lihat juga...