Ini Keuntungan Jadi Anggota Koperasi Binaan Yayasan Damandiri

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

CILACAP – Hanya dengan membayar iuran wajib Rp 5.000 per bulan, anggota Koperasi Mandiri Lestari Sejahtera yang merupakan binaan Yayasan Damandiri bisa mendapatkan berbagai keuntungan. Mulai dari pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) hingga mendapat bantuan sosial dari berbagai program yayasan besutan Presiden Kedua RI, HM Soeharto.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Koperasi Mandiri Lestari Sejahtera, Puji Heri Santoso. Menurutnya, usaha yang dirintis oleh pihak koperasi di Desa Madura, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap sudah mulai berjalan.

Antara lain pabrik pembuatan gagang sapu serta budidaya tanaman melon. Sehingga setiap akhir tahun, anggota koperasi bisa mendapatkan SHU.

Selain itu, Yayasan Damandiri juga memiliki banyak program sosial, mulai dari bedah rumah, pemberian kredit modal tanpa jaminan, program bantuan lantainisasi, jambanisasi, beasiswa untuk anak sekolah dan lain-lain. Selama ini, penerima bantuan sosial diutamakan dari anggota koperasi.

“Jadi banyak sekali manfaat menjadi anggota koperasi binaan Yayasan Damandiri dan kita terus berupaya untuk mensosialisasikan kepada warga desa,” kata Heri, Minggu (23/2/2020).

Saat ini keanggotaan koperasi sebanyak 1.416 orang atau sudah 50 persen lebih dari warga Desa Madura yang termasuk kategori usia produktif. Dan targetnya, sampai dengan akhir tahun ini jumlah keanggotaan bisa mencapai 3.000 orang.

“Kalau total jumlah KK di Desa Madura ada 3.400 orang, namun sebagian ada yang sudah masuk usia lanjut, sementara prioritas kita adalah yang masih usia produktif, sehingga target keanggotaan 3.000 KK,” terangnya.

Persyaratan untuk menjadi anggota koperasi juga mudah, hanya perlu menyerahkan fotokopi kartu keluarga dan KTP.

Setelah itu membayar simpanan pokok Rp 25.000 yang dibayarkan hanya sekali, yaitu saat masuk menjadi anggota. Selanjutnya, anggota hanya perlu membayar simpanan wajib yang besarnya hanya Rp 5.000 per bulan.

Heri menjelaskan, keuntungan lainnya uang simpanan anggota tidak akan dikenakan potongan biaya administrasi sebagaimana kalau kita menyimpan uang di perbankan. Sebaliknya, anggota akan mendapatkan bunga dari simpanan tersebut.

“Minggu kemarin kita ada sosialisasi dari pihak Yayasan Damandiri untuk percepatan keanggotaan. Dari mulai perangkat desa, kadus pengurus RT, RW serta kelompok modal kita dan anggota koperasi kita undang semua. Tujuannya adalah supaya semua warga Desa Madura yang usia produktif bisa masuk menjadi anggota koperasi, sehingga berbagai bantuan sosial bisa mereka peroleh,” jelas Heri.

Sementara itu, salah satu anggota Koperasi Mandiri Lestari Sejahtera, Aan Darwati mengatakan, ia sudah merasakan manfaat menjadi anggota koperasi. Bantuan sosial dari Yayasan Damandiri juga sudah diperoleh, yaitu bantuan rehab rumah tidak layak huni dan bantuan modal usaha.

“Sekarang rumah saja sudah layak huni, tidak lagi berlantai tanah dan usaha warung saya juga berkembang berkat bantuan dari Yayasan Damandiri,” tuturnya.

Lihat juga...