Inilah Momen Bahagia Pernikahan Danny-Raiyah

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Pernikahan Danny Bimo Hendro Utomo, putra ketiga Siti Hardijanti Rukmana atau Mbak Tutut Soeharto berlangsung khidmat. Prosesi akad nikah berlangsung di Hotel Mulia Jakarta Pusat, Sabtu (15/2/2020).

Prosesi ijab kabul tersebut full dengan nuansa adat Bugis-Makassar. Sang pengantin layaknya bangsawan dengan pakaian adat Bugis sambil dinaungi payung Lellu yang terbuat dari kain,  dipegang empat sisinya oleh pria-pria perkasa.

Danny memasuki area utama akad nikah di Ballroom Hotel. Pengantin wanita, Raiyah Chitra Caesaria  beserta keluarga sudah menunggu di dalamnya. Tapi saat sebelum ijab kabul, Raiyah berada di dalam kamar khusus yang ada di sekitar Ballroom terlebih dahulu.

Danny memasangkan cincin untuk Raiyah, Sabtu (15/2/2020) – Foto: Muhammad Amin

Selepas akad nikah, prosesi berlanjut dengan agenda adat Mappasikarawa. Mappasikarawa atau appabattu nikkah dalam bahasa Makassar, berarti kedua mempelai saling menyentuh atau membatalkan wudu, untuk pertama kalinya dalam naungan syariat.

Sentuhan pertama mempelai laki-laki kepada pasangannya ditandai dengan tradisi yang sangat sakral. Mempelai pria diantar ke sebuah kamar terpisah tempat mempelai wanita, Raiyah yang menunggu kedatangan suami sahnya.

Danny diantar ke ruang mempelai wanita oleh Mbak Tutut Soeharto dan Indra Rukmana beserta kedua orang tua Raiyah. Namun, sebelum masuk, mempelai pria harus mengetuk pintu terlebih dahulu. Danny ditagih “ongkos” saat hendak melihat senyum Raiyah selesai berucap ijab kabul.

Inilah saat-saat canggung bagi mempelai pria agar bisa melihat senyuman istrinya. Usai mengetuk pintu akan ada berbagai persyaratan yang dilontarkan kerabat mempelai wanita.

Usai Danny mengetuk pintu dan meminta izin, kerabat mempelai wanita malah mengajukan pertanyaan yang membuat Danny bingung. Katanya, kalau mau masuk harus bayar “pintu tol”.

“Kami ingin menanyakan beberapa syarat yang harus dipenuhi. Anakmas Danny harus membayar ‘pintu tol’ dahulu,” ujar kerabat yang mengerumuni ruang mempelai wanita.

Danny dan Raiyah menunjukkan cincin pernikahan mereka, Sabtu (15/2/2020) – Foto: Muhammad Amin

Tak ingin melihat putranya canggung terlalu lama, Indra Rukmana menyambut syarat yang diberikan. Dia bilang, anaknya akan menjamin semua kebutuhan duniawi dan ukhrawi Raiyah.

Puas dengan jawaban itu, tirai yang menutup ruang tempat Raiyah menunggu dibuka. Danny melihat senyum sumringah terlukis di wajah istrinya.

Usai acara itu semua, Danny dan Raiyah masih dalam balutan adat Bugis-Makassar, melakukan sungkeman, dan adat lainnya seperti pasang cincin. Semua berjalan lancar dan penuh kebahagiaan.

Selamat berbahagia. Semoga jadi keluarga sakinah.

Lihat juga...