Jalur Tol Japek Terendam Banjir, KRL Ikut Lakukan Rekayasa

Redaktur: Muhsin E Bijo Dirajo

BEKASI — Hujan yang mengguyur Kota Bekasi, Jawa Barat sejak dini hari Selaaa (25/2/2020) membuat sebagian jalan tol Cikampek tergenang air. Hal tersebut membuat arus lalu lintas tersendat.

Pantauan Cendana News, genangan air terjadi di Tol Jatiwaringin, dan Jatibening. Terlihat kendaraan merayap melintasi jalur tersebut dari arah Bekasi .

“Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek Km 19, masih aman dilalui oleh pengguna jalan. Genangan di Lajur 1 dengan tinggi 10-15 cm, sedangkan rest area km 19A ditutup, saat ini di dalam rest area terdapat genangan 10-15 cm,” kata Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangan tertulis, Selasa (25/2/2020).

Genangan air juga masuk ke sejumlah ruas tol yang dikelola PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR).

“Jasa Marga saat ini tengah menindaklanjuti beberapa titik genangan air di jalan tol,” katanya.

Sesuai data yang ditulis Jasa Marga daftar tol yang tergenang air khusus untuk jalur Cikampek sebagai berikut, arah Cikampek KM 19, masih aman dilalui oleh pengguna jalan.

Genangan di Lajur 1 dengan tinggi 10-15 cm, rest area Km 19A ditutup, saat ini di dalam rest area terdapat genangan 10-15 cm. Arah Jakarta, KM 34, masih aman dilalui oleh pengguna jalan.

Genangan di Lajur 1 dan Lajur 2 dengan tinggi 10 cm. Di Km 19, ada genangan setinggi 25-30 cm. Pengguna jalan dari arah Cikampek ke Jakarta diimbau untuk mengambil jalur alternatif lainnya.

Akses masuk Gerbang Tol Jatibening (Km 8) masih aman dilalui oleh pengguna jalan. Genangan di Lajur 1 dan Lajur 2 dengan tinggi 15 cm. Km 8, bahu jalan dan 2 lajur saat ini terdapat genangan sekitar 20-25 cm.

Pengguna jalan dari arah Cikunir/Bekasi arah Jakarta diimbau untuk mengambil jalur alternatif lainnya seperti Jalan Tol JORR.

Sementara info KRL juga melakukan rekayasa pola operasi. Hal tersebut, sehubungan sejumlah jalur rel terendam air pada Selasa pagi.

Genangan terpantau di lintas antara Stasiun Kampung Bandan – Stasiun Kemayoran, dan di Stasiun Sudirman. Hujan lebat sejak malam tadi juga mengakibatkan tahap akhir pekerjaan penggantian wesel di Stasiun Jakarta Kota belum sempurna.

Lintas Bekasi-Jakarta Kota PP via Manggarai sebagian perjalanannya diatur hanya sampai Stasiun Manggarai.

Lintas Bekasi – Jakarta Kota PP via Pasar Senen, perjalanan hanya sampai Stasiun Pasar Senen. Lintas Bogor/Depok – Jakarta Kota PP sebagian perjalanannya diatur hanya sampai Stasiun Manggarai.

Untuk itu sebagai antisipasi PT KCI melakukan rekayasa pola operasi sebagai berikut, Lintas Bogor/Depok – Angke/Jatinegara PP perjalanan hanya sampai Stasiun Manggarai

Sementara itu untuk lintas Rangkasbitung – Tanah Abang PP, Duri – Tangerang PP, dan Tanjung Priok – Jakarta Kota PP hingga pukul 06.00 WIB masih terpantau normal.

PT Kereta Commuter Indonesia menghimbau para pengguna untuk merencanakan kembali perjalanannya mengingat sejumlah rekayasa pola operasi tersebut.

Kondisi hingga pukul 09.00 WIB di Kota Bekasi hujan dengan entitas rendah masih terjadi. Suasana Kota Bekasi masih gelap akibat mendung.

Lihat juga...