Jelang Panen, Tanaman Padi di Madiun Diserang Wereng

Petani di Desa Klorogan, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun menunjukkan tanaman padi yang siap panen namun terserang hama wereng coklat hingga mati dan terancam gagal panen – Foto Ant

MADIUN – Lahan pertanian padi di Desa Klorogan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, yang kini dalam kondisi sudah siap panen, diserang hama wereng coklat.

Petani di daerah tersebut terancam mengalami kerugian. Petani di Desa Klorogan, Kecamatan Geger, Istamar mengatakan, hama wereng coklat tersebut menyerang tanaman padi sejak sepekan terakhir.

Hal itu terjadi, seiring tingginya curah hujan selama beberapa hari ini. “Padahal tanaman saya diperkirakan bulan depan siap dipanen, namun ini sebagian terserang hama wereng,” ujar Istamar, Kamis (27/2/2020).

Menurut dia, tanaman padi yang terserang wereng akan kering dan mati. Bulir padi juga banyak yang kosong, akibat serangan hama tersebut. “Petani rugi banyak, karena tanaman banyak yang mati. Hasil panen secara tidak langsung menurun drastis,” tandasnya.

Berbagai upaya pembasmian terus dilakukan petani. Mulai dari menyemprot pestisida, serta membakar belerang, namun hama wereng tidak juga hilang. Kepala Desa Klorogan, Juprianto membenarkan, adanya hama wereng di desanya. Dari puluhan hektare sawah di desanya, sekitar dua hektare lebih yang sudah terserang wereng. “Kami sudah melaporkan keadaan ini ke Dinas Pertanian. Diminta dinas terkait turun ke lapangan untuk membantu mengatasi persoalan ini,” kata Juprianto.

Pemerintah Desa setempat berharap, Dinas Pertanian Kabupaten Madiun ikut melakukan pengawasan dan pengendalian hama agar petani tidak terancam gagal panen. (Ant)

Lihat juga...