Jelang Uji Coba, Pemain PSIS Asah Taktik Permainan

Editor: Makmun Hidayat

SEMARANG  — Jelang uji coba melawan PSIS Semarang U-20 di Stadion Citarum Semarang, Sabtu (15/2), skuad utama PSIS terus memperkuat taktik dan teknik permainan. Tim besutan pelatih Dragan Djikanovic tersebut tetap fokus berlatih. Terlebih kompetisi Liga 1 2020, juga direncanakan mulai bergulir pada 29 Februari mendatang.

Dragan menilai penting untuk menjaga stamina pemain dengan berlatih, sembari memperkuat teknis dan teknik permainan. Disatu sisi, dirinya berharap timnya bisa melakukan uji coba di lapangan sintetis, seperti di Stadion Citarum Semarang.

“Uji coba pertama melawan Persik Kendal, kita bisa menang  4-0 di Stasion Kebondalem Kendal, namun lapangan disana menggunakan rumput asli. Sementara untuk lapangan sintetis belum,” paparnya, disela latihan di Stadion Citarum Semarang, Jumat (14/2/2020) petang.

Pelatih Dragan Djikanovic (kanan) didampingi asisten pelatih Zarko Curcic, saat memberi instruksi kepada pemain disela latihan di Stadion Citarum Semarang, Jumat (14/2/2020). -Foto: Arixc Ardana

Dijelaskan, secara keseluruhan uji coba pertama bagus. Secara taktik dan teknik pemain sudah paham dengan apa yang diinginkan. “Intinya musim ini, kita akan mengusung gaya sepak bola menyerang,” pungkasnya

Sementara, dalam latihan sesi pertama, pemain PSIS Semarang yang memiliki kemampuan menyerang diinstruksikan untuk melakukan simulasi serangan dengan menghadapi pemain yang memiliki kemampuan bertahan.Wallace Costa dan kolega diminta latihan bagaimana bertahan dan menyerang yang sesuai skemanya.

Di sesi kedua, para pemain menyerang diminta melakukan simulasi serangan tanpa lawan dengan pantauan langsung Dragan Djukanovic. Sementara pemain bertahan diminta simulasi bertahan dengan arahan Imran Nahumarury dan Zarko Curcic selaku asisten pelatih PSIS.

“Ini pekerjaan yang akan selalu diulangi setiap hari sebenarnya, tidak hanya menjelang uji coba karena kami butuh mematangkan taktik. Kami bekerja sehari dua kali, kadang tetap diselangi dengan fisik namun kami juga berlatih teknik seperti shooting, long pass dan lainnya,” imbuhnya.

Dengan alur permainan cepat kedepan dan umpan pendek, Mahesa Jenar diharapkan dapat mencetak banyak gol pada musim ini.

“Ada banyak teknik yang kita latih. Bagaimana kami bertahan di open play, kemudian saat diserang dalam keadaan qounter attack, kami bekerja juga bagaimana menyerang, semua sektor kita latih, sehingga kita berharap pemain sudah siap menjelang pertandingan,” pungkas Dragan.

Sementara, salah seorang suporter tim PSIS, Wahono, yang menyaksikan latihan di Stadion Citarum, berharap tim kesayangannya tersebut  mampu mencapai yang terbaik di musim ini. “Setidaknya bisa tembus lima besar, syukur bisa menjadi juara,” papar warga Pedurungan Semarang tersebut.

Lihat juga...