Jousuba, Aplikasi Pelayanan Warga dari Polres Biak

Kasubag Humas Polres Biak Numfor, Iptu Amelia Rumbiak, saat menyosialisasikan aplikasi Jousuba kepada warga di Biak, Kabupaten Biak Numfor, Papua – Foto Ant

JAYAPURA – Polres Biak Numfor meluncurkan dan memperkenalkan aplikasi pelayanan polisi berbasis android, bernama jaringan komunikasi polisi untuk masyarakat Biak yang disingkat Jousuba.

“Polres Biak Numfor juga tak mau kalah dalam berinovasi untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Berbagai langkah telah ditempuh, dan salah satunya adalah diluncurkanya Jousuba,” kata Kapolres Biak Numfor, AKBP Mada Indra Laksanta, Sabtu (1/2/2020).

Polres Biak Numfor gencar menyosialisasikan aplikasi tersebut kepada masyarakat. Warga di pasar, pusat perbelanjaan, sekolah, perkantoran dan di tempat-tempat umum lainnya menjadi sasaran agar aplikasi Jousuba banyak diketahui warga. “Seperti personel Polwan Polres Biak Numfor yang dipimpin Kasubag Humas, Iptu Amelia Rumbiak, melaksanakan sosialisasi aplikasi Jousuba kepada masyarakat yang berada di Pasar Darfuar dan pusat perbelanjaan Hadi Supermarket,” tandasnya.

Jousuba merupakan salah satu inovasi dari Polres Biak Numfor untuk meningkatkan layanan publik berbasis android. Aplikasi dapat diunduh secara gratis. “Dengan adanya aplikasi Jousuba ini, masyarakat bisa lebih mudah untuk terhubung dengan polisi di Biak, bisa melaporkan kejadian yang ada melalui konten pengaduan atau Panic Button dan akan langsung dilayani oleh Command Centre Jousuba dan polisi akan segera meluncur,” kata Laksanta.

Personel Polres Biak Numfor turun langsung menyapa masyarakat, untuk menginformasikan cara men-download, cara menjalankan dan manfaat yang didapat melalui aplikasi itu.

Sudiono, salah satu warga menyebut, aplikasi itu bisa menjawab keluhan masyarakat, yang menginginkan akses untuk terhubung dengan polisi. Dapat membuat laporan dengan cepat, apabila tiba-tiba terjadi hal-hal yang penting. “Saya lihat di dalam aplikasinya, fitur-fiturnya bagus, ada call center jadi jika darurat langsung hubungi di situ saja bisa lebih cepat melapor ke polisi,” kata Sudiono.

Warga lainnya, mama Regina Pesiwasi, yang saat itu tengah berbelanja di supermarket Hadi Biak. Ia langsung mengunduh aplikasi Jousuba setelah mendapat sosialisasi dan langsung mengapresiasi inovasi Polres Biak Numfor untuk melayani masyarakat lebih baik lagi.

“Saya baru tau ada aplikasi ini, dan langsung unduh karena saya rasa ini cara yang luar biasa untuk mempermudah masyarakat bisa dengan cepat mendapat informasi, bisa langsung melaporkan jika ada kejadian dan polisi cepat untuk datang, terima kasih Polres Biak, semoga semakin maju lagi,” kata Regina.

Kasubag Humas Polres Biak, Iptu Amelia Rumbiak mengatakan, sosialisasi aplikasi Jousuba dilakukan agar lebih banyak lagi masyarakat yang mengetahui, Polres Biak Numfor memiliki aplikasi untuk mempermudah masyarakat terakses ke polisi. (Ant)

Lihat juga...