Kades Madura Apresiasi Usaha Koperasi Binaan Damandiri

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

CILACAP – Usaha budidaya melon golden dan pabrik gagang sapu yang dirintis Koperasi Mandiri Lestari Sejahtera di Desa Madura, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap mendapat apresiasi dari Kepala Desa Madura, Nursidik.

Kades mengatakan, usaha tersebut sangat membantu warga Desa Madura dalam meningkatkan taraf hidup.

Sebagaimana diketahui, desa yang berjarak 85 kilometer dari ibu kota Kabupaten Cilacap termasuk kategori desa kuning atau desa miskin. Dari 284 desa di Kabupaten Cilacap, ada 71 desa yang termasuk kategori miskin dan salah satunya adalah Desa Madura.

“Jumlah warga desa kami ada 11.217 jiwa dan 1.000 lebih diantaranya termasuk warga miskin atau prakeluarga sejahtera (KS), sisanya dari KS 1 dan KS 2 serta KS 3,” kata Nursidik, Rabu (26/2/2020).

Lebih lanjut Kades menjelaskan, usaha yang dirintis Yayasan Damandiri melalui Koperasi Mandiri Lestari Sejahtera, selain menyerap tenaga kerja, juga memberikan angin segar bagi pertumbuhan perekonomian warga. Selain itu, warga juga banyak mendapat pengetahuan, serta ketrampilan dari program pelatihan.

Usaha budidaya melon golden misalnya, selama ini para petani di Desa Madura tidak pernah terpikirkan untuk menanam melon, terlebih melon golden yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Namun, berkat campur tangan Yayasan Damandiri, sekarang para petani sudah bisa budidaya melon golden.

“Jenis melon ini merupakan kualitas unggul dan bibitnya langsung dari Taman Buah Mekarsari, sehingga jika sudah mahir dalam budidaya melon golden, maka petani akan sejahtera,” tuturnya.

Begitu pula dengan pabrik gagang sapu, meskipun belum menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar, namun keberadaan pabrik ini paling tidak membuka wawasan penduduk desa, bahwa masih banyak jenis usaha yang bisa dikembangkan.

“Selama ini, tidak pernah terpikirkan oleh warga desa untuk membuka usaha gagang sapu, padahal dari informasi yang saya dengar, pasar gagang sapu ini sangat luas, berapapun yang diproduksi akan dibeli oleh para pedagang sapu,” kata Nursidik.

Kades yang juga mantan pengurus Koperasi Mandiri Lestari Sejahtera ini paham betul tentang berbagai program koperasi yang sudah berjalan. Dan ia berharap, sinergitas kinerja para pengurus koperasi dengan desa terus berlanjut, sehingga program yang dijalankan bisa bermanfaat dan tepat sasaran.

Hal senada juga disampaikan Ketua Koperasi Mandiri Lestari Sejahtera, Puji Heri Santoso, menyatakan, sebagaimana pesan yang selalu disampaikan pihak Yayasan Damandiri, bahwa dalam membangun usaha ataupun membuat program yang dikedepankan adalah kesejahteraan masyarakat. Sehingga berbagai upaya yang dilakukan koperasi, pada akhirnya tujuannya adalah mengangkat ekonomi warga desa.

“Kita selalu bersinergi dengan pihak desa dan berdiskusi dalam menentukan program yang akan dijalankan, supaya selaras dengan program desa,” tuturnya.

Lihat juga...