Kapolresta Banyumas Intruksikan Jajaran Bersihkan Masjid

Editor: Koko Triarko

PURWOKERTO –Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Whisnu Caraka, mengintruksikan kepada seluruh jajaran polsek untuk melakukan bersih-bersih di masjid pada setiap kegatan Jumat Bersih.

“Saya perintahkan seluruh polsek untuk bersih-bersih masjid terdekat di lingkungan mereka, sebab masjid itu sumber segala kebajikan, tempat umat Islam menjalin hubungan spiritual dengan Sang Pencipta, dan tempat kita semua bersilaturahmi,” kata Kapolresta, Jumat (22/2/2020).

Lebih lanjut Whisnu menjelaskan, secara fisik masjid memang hanya bangunan biasa, namun secara spiritual masjid merupakan perekat umat Islam. Dan, salah satu pekerjaan paling mulia menurut Rasullah adalah membersihkan masjid. Karenanya, kegiatan bersih-bersih masjid ini akan menjadi agenda rutin seluruh polsek setiap satu bulan sekali.

“Kebersihan itu sebagian dari iman dan gerakan bersih-bersih masjid ini sekaligus juga sebagai sarana untuk anggota lebih dekat dengan masyarakat,” terangnya.

Dalam Jumat bersih di Polsek Purwokerto Utara, Kapolsek Purwokerto Utara, Kompol Sudarsono memimpin langsung giat bersih-besih masjid. Sejak pagi, sebanyak 15 anggota Polsek Purwokerto Utara sudah mendatangi Masjid Baitulrohman yang berada di belakang polsek. Ada yang membawa sapu, pel dan kain lap.

Dalam hitungan menit, masjid yang sedang renovasi bagian dindingnya tersebut terlihat bersih dan sejuk. Tak hanya di bagian dalam, beberapa anggota juga membersihkan lingkungan sekitar masjid, seperti halaman masjid serta tempat wudhu.

“Seluruh polsek diperintahkan Pak Kapolresta untuk melakukan bersih-bersih masjid, dan kita kerahkan 15 anggota,” tuturnya.

Sudarsono menjelaskan, sebelumnya setiap Jumat memang dilakukan gerakan bersih-bersih, namun untuk sasaran tempat ibadah baru dilakukan kali ini. Pada gerakan Jumat bersih sebelumnya, kerja bakti dilakukan di lingkungan polsek serta jalan umum.

“Kalau membersihkan halaman masjid, kita sudah sering karena masjid ini termasuk dalam lingkungan Polsek Purwokerto Utara, tetapi kalau sampai membersihkan bagian dalam masjid, baru Jumat ini kita lakukan,” jelasnya.

Anggota Polsek Purwokerto Utara selalu diimbau untuk memakmurkan masjid, yaitu dengan melakukan salat berjemaah. Hal ini juga sebagai upaya menjalin silaturahmi dengan masyarakat sekitar.

Lihat juga...