Keluarga Cendana Ikut Lakukan Upacara Mappaci

Editor: Makmun Hidayat

JAKARTA — Keluarga besar Cendana menghadiri prosesi upacara adat Bugis-Makassar, Mappacci jelang pernikahan Danny Rukmana, putra pasangan Indra Rukmana Kowara dan Siti Hardiyanti Rukmana (Mbak Tutut Soeharto) dengan Raiyah Chitra Caesari.

Tampak turut hadir diantaranya Sigit Harjojudanto (Sigit Soeharto) beserta istri, Siti Hediati Hariyadi (Titik Soeharto), Siti Hutami Endang Adiningsih (Mamiek Soeharto).

Tidak hanya hadir, mereka juga turut memberikan pacci kepada calon pengantin perempuan, sebagai wujud doa restu agar kelak pernikahan kedua pasangan mendapatkan selamat dan berbahagia.

Sigit Soeharto beserta istri mengawali perwakilan keluarga Cendana yang memberikan pacci atau mengoleskan daun pacar ke kedua telapak tangan Raiyah. Setelah itu, sebagaimana adab mappacci, usai mengoleskan daun pacar, Sigit melemparkan beras ke hadapan mempelai perempuan sebanyak tiga kali.

Setelah itu, Titiek Soeharto dan Mamiek Soeharto bersamaan memberikan pacci dan melemparkan beras kepada Raiyah.

Kemudian kakak-kakak kandung Danny Rukmana juga turut melakukan prosesi mappacci. Lalu terakhir Tutut Soeharto beserta Indra Rukmana selaku kedua orangtua calon mempelai pria memberikan pacci dan melemparkan beras kepada Raiyah.

Total prosesi pemberian pacci ini diikuti oleh 18 pasang keluarga. Mereka dianggap sebagai orang-orang yang telah memiliki kepatutan untuk diteladani dalam hal membina rumah tangga, yang juga dianggap sukses dari sisi ekonomi, sosial dan terutama dari sisi agama.

Lihat juga...