KKP Palembang Observasi 71 Kru Kapal Asing

Ilustrasi - Virus corona - Foto: ANTARA

PALEMBANG – Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Palembang, mengobservasi keberadaan 71 kru kapal asing yang berlabuh di wilayah Sumatera Selatan. Hal itu dilakukan, untuk mengantisipasi masuknya virus corona atau Covid-19.

Kepala Seksi Pengendalian Karantina dan Surveillance Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Palembang, Fenty mengatakan, kru tersebut berasal dari tujuh kapal asing asal Malaysia, Singapura, dan Vietnam. “Kapal-kapal asing tersebut diketahui melakukan aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Boom Baru, Palembang,” kata dia, Rabu (26/2/2020).

Ia mengatakan KKP terus memantau kedatangan kru kapal asing, dengan menggunakan thermal scanner dan termometer infrared. Kedua alat dipasang di bandara dan pelabuhan, sebagai pintu masuk kedatangan internasional ke Sumsel.

Berdasarkan hasil pemeriksaan awal, ke-71 kru kapal itu dinyatakan sehat dengan suhu tubuh normal di bawah 38 derajat. Meski begitu, pemantauan tetap dilakukan selama mereka masih berada di wilayah Sumsel. KKP memiliki kriteria khusus dalam pengawasan. Bagi yang tiba di Palembang akan dilihat kondisi kesehatannya, apakah demam dan batuk, serta memiliki riwayat perjalanan dari China. (Ant)

Lihat juga...