Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit Targetkan Seluruh Warga Anggota Koperasi

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit binaan Yayasan Damandiri targetkan seluruh warga desa Krambilsawit  masuk menjadi anggota koperasi dalam beberapa tahun ke depan.

Hal itu diungkapkan Pengurus Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit di acara pelatihan sekaligus Bimtek Percepatan Anggota Koperasi bertempat di Balai Desa setempat.

Setiap tahunnya, Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit sendiri terus berupaya mendorong dan mengajak seluruh warga desa untuk berpartisipasi aktif menjadi anggota koperasi. Berdasarkan data yang ada, saat ini tercatat sudah ada sebanyak 1320 warga desa menjadi anggota koperasi.

Sebanyak 1212 anggota tercatat aktif menjadi nasabah unit usaha pinjaman Modal Kita. Sementara sebanyak 108 anggota tercatat tidak menjadi nasabah unit usaha pinjaman Modal Kita.

“Di Desa Cerdas Mandiri Lestari Krambilsawit ini total ada sekitar 1800 KK yang tersebar di 7 wilayah dusun. Dari jumlah itu sekitar 1000 KK telah menjadi anggota koperasi. Sementara sekitar 800 KK belum,” ungkap Manajer Usaha Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit, Emi Malina, belum lama ini.

Emi mengaku, akan terus berupaya mendorong seluruh warga desa Krambilsawit agar masuk menjadi anggota koperasi.

Tujuannya tak lain adalah untuk meningkatkan pendapatan warga desa Krambilsawit itu sendiri. Khususnya warga miskin atau kelompok prasejahtera dan sejahtera 1. Sebab dengan menjadi anggota koperasi, mereka akan bisa mengakses pinjaman modal usaha.

Peningkatan jumlah anggota Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit sendiri dalam kurun waktu 1 tahun terakhir tercatat terus meningkat drastis. Hal itu dapat dilihat dari perbandingan jumlah anggota pada periode tahun 2019 lalu.

Berdasarkan data yang ada, jumlah anggota koperasi SHS Mandiri Krambilsawit pada Januari 2019 lalu tercatat masih berjumlah 498 anggota. Sementara pada Januari 2020 ini jumlah anggota telah mencapai 1320 orang lebih.

Lihat juga...