Modus Baru, Uang Bisnis Narkotika Disimpan di Rekening KUD

Editor: Koko Triarko

SEMARANG – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah, berhasil membongkar modus baru pencucian uang (TPPU) hasil bisnis narkotika dengan cara menyimpannya di rekening koperasi unit desa (KUD).

“Praktik TPPU ini dikendalikan dan diotaki oleh Muzaidin, yang tercatat sebagai warga binaan LP Kedungpane, Semarang. Dia ini terpidana kasus narkotika dengan masa hukuman 14 tahun. Bertindak sebagai bandar dan pengendali keuangan,” ujar Kepala BNNP Jateng, Brigjen Benny Gunawan, di sela gelar kasus di kantornya, jalan Madukoro, Semarang, Selasa (18/2/2020).

Dalam prosesnya, Muzaidin mengajak AM yang juga merupakan adik perempuannya sebagai operator keuangan. Kemudian MH, adik iparnya sekaligus suami dari AM, sebagai penampung uang yang diduga hasil tidak pidana narkotika. Serta MDM, anak dari Muzaidin sebagai operator keuangan dan penampung uang.

Kepala BNNP Jateng, Brigjen Benny Gunawan, bersama jajaran menunjukkan barang bukti yang disita dari pelaku TPPU, di sela gelar kasus di kantor setempat, Selasa (18/2/2020). –Foto: Arixc Ardana

“Supaya tidak termonitor Otoritas Jasa Keuangan dan Bank Indonesia, uang hasil tindak kejahatan ini disimpan di salah satu KUD di Kabupaten Jepara. Tercatat ada empat rekening yang digunakan, masing-masing atas nama AM dan MH sebesar Rp487 juta, atas nama AM sebesar Rp19,749 juta serta atas nama MH dengan nilai Rp14,05 juta,” lanjutnya.

Selain itu, juga ada uang tunai yang disita dari tersangka AM sebesar Rp110 juta, hingga sejumlah ATM, jam bermerk, kendaraan roda empat dan motor, dengan total seluruhnya mencapai Rp1,030 miliar.

“Ini modus baru yang berhasil kita ungkap. Kita sudah koordinasi dengan OJK dan Bank Indonesia, agar bersama-sama meningkatkan pengawasan, agar kasus seperti ini tidak terjadi lagi,” tandasnya.

Keempat pelaku ini terancam hukuman pidana 20 tahun penjara dan atau denda Rp10 miliar, dijerat dengan pasal 10 subsider ayat (5) jo pasal 10 UU RI nomor 8 tahun 2010 tentang pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang, dan atau pasal 137 huruf a.b UU nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Saat ini, mereka ditahan di Rutan BNNP Jateng, untuk pengembangan kasus lebih lanjut.

Lihat juga...