Nasi Menir, Menu Khas Dapoer Prambanan

Editor: Makmun Hidayat

PURWOKERTO – Hidangan nasi menir, menjadi menu baru yang siap memanjakan lidah masyarakat Kota Purwokerto dan sekitarnya. Nasi yang diberi bumbu gurih dipadukan dengan ayam saos putih, perpaduan rasa cheese dan creamy menyatu dan memberikan sensasi rasa tersendiri.

Nasi menir merupakan menu baru khas Dapoer Prambanan yang diluncurkan bertepatan dengan perayaan tahun kelima rumah makan ini berdiri. Hidangan tersebut diyakini akan menjadi menu favorit konsumen, khususnya penggemar wisata kuliner di Kota Purwokerto.

“Nasinya beda dengan nasi uduk, karena bumbunya lebih lengkap sehingga lebih gurih. Dan untuk saos putih sebagai pelengkap hidangan  ayamnya, dibuat khusus dari perpaduan cheese dengan berbagai campurannya,” kata pemilik Rumah Makan Dapoer Prambanan, Erlin Nurjanah, Jumat (14/2/2020).

Pemilik Dapoer Prambanan, Erlin Nurjanah bersama suaminya, Jumat (14/2/2020) di RM Dapoer Prambanan. -Foto: Hermiana E. Effendi

Lebih lanjut Erlin menjelaskan, hidangan nasi masih menjadi makanan favorit bagi konsumen karena merupakan makanan pokok. Sehingga pihaknya merasa perlu untuk membuat terobosan menu nasi dengan berbagai macam varian.

Nama unik nasi menir, juga diambil disesuaikan dengan suasana tempat makan yang memang cenderung menyajikan suasana unik. Banyak bertebaran barang-barang klasik dan unik yang tertata apik di tempat makan tersebut, baik di dinding hingga di atap bangunan.

Bersamaan dengan perayaan tahun kelima rumah makan tersebut serta peluncuran nasi menir, Erlin juga mengundang anak-anak yatim-piatu untuk menggelar acara makan bersama dan doa bersama di rumah makan yang berlokasi di pusat Kota Purwokerto tersebut.

“Ada doa bersama, pemotongan tumpeng dan tausiah dari ustad. Kami juga berbagi dengan anak-anak yatim, karena dari sebagian rizki yang kita dapatkan ada hak mereka didalamnya,” tutur Erlin.

Sementara itu, salah satu pengunjung Dapoer Prambanan, Leli mengatakan, nasi menir lebih mantap rasanya daripada nasi uduk. Dan perpaduan ayam dengan saos putih juga menjadi menu baru yang berbeda dari hidangan ayam pada umumnya.

“Suka dengan menu nasi menir dan baru ada di tempat makan ini. Rasanya juga pas dengan lidah orang Banyumas dan penyajiannya juga tidak pakai lama,” tuturnya.

Lihat juga...