Panen Melon Selesai, Petani di Cilacap Siapkan Bibit Baru

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

CILACAP – Panen melon golden Mekarsari di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Madura di Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap sudah selesai. Saat ini petani sedang melakukan pembibitan tanaman melon golden.

Ketua KUD Mandiri Lestari Sejahtera, Puji Heri Santoso, mengatakan, dari hasil evaluasi, hasil panen perdana melon golden belum maksimal dan satu pohon rata-rata baru berbuah satu melon. Meskipun begitu, para petani tidak merasa jera dan akan tetap menanam melon golden.

Ketua KUD Mandiri Lestari Sejahtera, Puji Heri Santoso, Sabtu (22/2/2020) di Cilacap. Foto: Hermiana E. Effendi

“Dari tanam kemarin, benih melon golden masih tersisa sekitar 5.500 dan sekarang petani sedang melakukan pendederan benih,” terangnya, Sabtu (22/2/2020).

Terkait hasil panen kemarin, Heri menjelaskan, total hasil panen melon golden sekitar 5 ton lebih. Panen tersebut berasal dari lahan seluas 1,17 hektare yang tersebar pada tujuh lokasi. Dari hasil panen tersebut yang dijual melalui KUD Mandiri Lestari Sejahtera sebanyak 2,2 ton. Dan sisanya dijual sendiri oleh petani.

“Hasil panen melon golden ada yang dijual eceran oleh petani, ada juga yang dibeli pedagang dan sebagian dijual melalui koperasi,” tuturnya.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, faktor cuaca sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman melon golden. Mengingat sekarang masih masuk musim hujan, maka sebagian petani, menanam tanaman lain terlebih dahulu. Ada yang menanam terong, kacang panjang dan yang area sawah, ditanami padi.

Namun, salah satu petani, Sarim memilih untuk tetap menanam melon golden. Menurutnya, jika hasil panen belum maksimal pada tanam pertama merupakan hal yang wajar.

Sarim memilih untuk kembali menanam melon golden dengan mengolah 5.500 bibit yang tersisa, karena ia mengaku penasaran dan ingin membutuktikan bisa menanam melon golden dan mendapatkan hasil panen yang bagus.

“Nilai jual melon golden ini tinggi, sehingga jika kita bisa bercocok tanam dengan baik, sehingga hasil panennya juga bagus, maka keuntungan yang diperoleh berlipat-lipat. Karena itu, saya ingin mencoba menanam lagi,” katanya.

Pak Sarim sendiri sebenarnya tidak memiliki lahan dan untuk menanam melon golden, ia menyewa lahan seluas 2.800 meter persegi. Saat ini pendederan benih yang dilakukan sudah selesai dan tinggal menanam di lahan.

“Saya ingin buktikan melon golden bisa tumbuh dengan subur di sini dan hasil panennya minimal bisa dua buah melon per pohon, dengan berat melon minimal 1,5 kilogram per buah,” pungkasnya.

Lihat juga...